Thursday, December 3, 2020

Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery learning) / RPP PAUD

1.      Manfaat kedua metode jika diterapkan dalam kelas:

·         Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery learning) adalah metode mengajar yang mengatur pengajatran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, Sebagian atau seluruhnya ditemukan sendiri. Penerapannya adalah sang guru memunculkan permasalahan kecil (bisa berupa materi/ice breaking) yang harus dipecahkan oleh anak dan guru dapat memandu anak dalam memecahkan permasalahan tersebut. Manfaat dari pembelajaran ini adalah agar pengetahuan sang anak tersebut dapat bertahan lama atau lebih mudah diingat, hasil belajar mempunyai efek transfer yang lebih baik, dan meningkatkan penalaran anak/siswa dan kemampuan untuk berpikir.

·         Problem -  Based learning atau Pembelajaran berbasis masalah adalah konsep pembelajaran yang membantu guru menciptakan lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang penting dan relevan bagi anak/siswa, dan memungkingkan siswa/anak memperoleh pengalaman belajar yang lebih realistilk. Manfaat jika menggunakan metode ini adalah Guru dapat mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan kreatif untuk sang anak/murid. Selain itu, Dapat meningkatkan motivasi anak/murid dalam belajar dan juga Murid/anak akan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Satuan Pendidikan    :  TK/PAUD Bunga Mawar

Kelompok/Usia          : A-B / 4-5 Tahun

Tema                          : Air, Udara, Api

 

Kompetensi Dasar

Materi

Indikator

1.1

2.1, 2.2

3.1, 3.2, 3.5, 3.12, 3.15

4.1, 4.2, 4.5, 4.12, 4.15

 

·         Mengenal tata cara berbicara

·         Cara untuk berani tampil depan teman, guru, orang tua dan lingkungan sosial lainnya

·         Pengembangan motoric

·         Pengembangan motoric halus

·         Prilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun

·         Menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk mengatasi masalah

·         Mengembangkan aktivitas karya seni

·         Berdoa sebelum melakukan kegiatan

·         Berdoa sesudah melakukan kegiatan

·         Berpakaian rapi

·         Membalas salam dari guru

·         Bermain tebak gambar

·         Menakar/mengukur air

·         Merasakan udara yang terdapat didalam balon

·         Menyalakan api dengan menggunakan lilin

·         Menulis nama benda

·         Rasa ingin tahu

·         Membuat bentuk tempat minum dengan plastisin/clay

 

 

A.    Materi Dalam Kegiatan

1.      Berdoa sebelum dan sesudah belajar

2.      Bercakap-cakap tentang manfaat air, udara dan api

3.      Mengenal manfaatnya

4.      Menulis nama benda yang ada di sekitarnya

 

B.     Materi yang Masuk Dalam Pembiasaan

1.      Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan

2.      Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan’

3.      Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan

4.      Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.

 

C.    Alat dan Bahan

1.      Krayon

2.      Pensil

3.      Warna

4.      Kertas

5.      Spidol

6.      Lilin

7.      Korek Api

8.      Dan beberapa alat yang menyesuaikan

 

D.    Media

1.      Balon

2.      Plastic

3.      Kain

4.      Benang

5.      Air

6.      Baskon

7.      Spon

8.      Dan Bahan alam lainnya

 

E.     Pendekatan & Metode

Pendekatan     : Scientific

Model              : Discovery Learning

Metode            : Pengamatan, Diskusi, dan Tanya Jawab

 

F.     Kegiatan Belajar

 

Kegiatan Belajar

Waktu

Alat dan Sumber

Pembukaan

·         Guru membuka pertemuan denga memberikan salam dan penuh syukur dan santun.

·         Bercakap-cakap tentang manfaat air, udara dan api

10 menit

Gambar-gambar yang relevan

Inti

(Model Pembelajaran)

Discovery Learning

Pendekatan Saintifik

 

Pemberian rangsangan

(stimulation)

Mengamati

Guru memunculkan sebuah ketertarikan anak/murid untuk mengamati benda-benda yang berhubungan dengan materi dengan melakukan menakar air dengan bantuan spon

 

Menanya

·         Guru memotivasi anak/murid dengan memberikan kesempatan untuk menuliskan nama alat/benda yang disekitar anak/murid (air, kayu, baskon, botol, spon dan pewarna)

·         Guru membuat bentuk tempat air dan meminta murid/anak mengisi tempat tersebut dengan air

·         Guru meminta murid/anak meniup balon yang sudah disediakan di sekitar mereka

·         Guru meminta anak/murid menyalakan lilin dengan mengguna korek api (dalam pengawasan guru)

 

Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Mengumpulkan Informasi

Guru akan memberikan kesempatan untuk murid/anak untuk menyebutkan sesuatu yang mereka lakukan dan menamai hal tersebut dengan sabar dan percaya diri

 

 

40 Menit

Air, Baskom, Balon, Spon, Korek Api, Lilin dan benda yang relevan lainnya.

Penutup

·         Bermain Tebak gambar yang berhubungan Air, Api dan Udara

 

Rangkuman dan Refleksi

Guru menjelaskan kembali tentang manfaat Api, Udara dan Api di kehidupan sehari-hari.

 

·         Doa, Salam dan Pulang

10

Gambar macam bermanfaat

 

 

 

 

 

 

G.    Penilaian

 

1.      Sasaran Penilaian

No

Lingkup Perkembangan

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA)

KD

Indikator

I

Nilai Agama

dan Moral

 

a)             Mengucapkan doa sebelum/sesudah melakukan sesuatu

b)             Mengenal perilaku baik/sopan

c)             Mengucapkan salam dan membalas salam

1.1

3.1

4.1

3.2

4.2

a.         Berdoa sebelum melakukan kegiatan

b.         Berdoa sesudah melakukan kegiatan

c.         Berpakaian rapi

d.        Membalas salam dari guru

II

Fisik Motorik

Melakukan permainan fisik dengan aturan

2.1

3.5

4.5

 

 Bermain tebak gambar

 

 

 

III

Kognitif

Menunjukkan aktivitas yang bersifat ekploratif dan menyelidik

3.5

4.5

Menakar/ mengukur air

 

IV

Bahasa

Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf

3.12

4.12

Menulis nama benda

V

Sosial Emosional

Mengendalikan diri secara wajar

2.2

Rasa ingin tahu

VI

Seni

Membuat karya seperti bentuk sesungguhnya

3.15

4.15

Membuat bentuk tempat minum dengan plastisin/clay

 

2.      Teknik Penilaian

a)      Catatan Hasil Karya

b)      Catatan Anekdot

c)      Skala Pencapaian Perkembangan

 

 

Penjelasan:

Pada RPP yang saya gunakan, saya menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Dengan penjabaran yaitu diawal kelas, saya menarik perhatikan anak/murid dengan melakukan sebuah percobaan dengan menggunakan wadah, air, balon, korek api dan juga lilin. Disela-sela saya akan meminta anak/murid tersebut melakukan hal tersebut sambil mengamati sifat-sifat air, udara, api dan bentuknya serta apa yang terjadi dengan hal tersebut. Kemudian, saya memberi kesempatan para murid/anak untuk bertanya mengenai percobaan mereka. Disaat itulah mereka akan menyaring dan mengumpulkan informasi di kelas. Setelahnya saya meminta para anak/murid untuk menyebutkan manfaat serta sifat-sifatnya. Disini akan terlihat bahwa anak/murid diminta untuk memecahkan sebuah masalah dengan cara berpikirnya melalui praktek yang dilakukannya. Mereka mendapatkan pengetahuan dari ketidaktahuan mereka menjadi tahu akan hal tersebut.


KATALOG MENU BALITA

  KATALOG A.       Nasi -Nasi merah -Nasi tim - Nasi tim beras merah - Bubur nasi B.       Ayam -Bola-bola ayam kuah -Siomay...