1.
Manfaat kedua metode jika diterapkan dalam kelas:
·
Metode Pembelajaran Penemuan (Discovery learning) adalah metode mengajar
yang mengatur pengajatran sedemikian rupa sehingga anak memperoleh pengetahuan
yang sebelumnya belum diketahuinya itu tidak melalui pemberitahuan, Sebagian
atau seluruhnya ditemukan sendiri. Penerapannya adalah sang guru memunculkan
permasalahan kecil (bisa berupa materi/ice breaking) yang harus dipecahkan oleh
anak dan guru dapat memandu anak dalam memecahkan permasalahan tersebut. Manfaat
dari pembelajaran ini adalah agar pengetahuan sang anak tersebut dapat bertahan
lama atau lebih mudah diingat, hasil belajar mempunyai efek transfer yang lebih
baik, dan meningkatkan penalaran anak/siswa dan kemampuan untuk berpikir.
·
Problem - Based learning atau
Pembelajaran berbasis masalah adalah konsep pembelajaran yang membantu guru
menciptakan lingkungan pembelajaran yang dimulai dengan masalah yang penting
dan relevan bagi anak/siswa, dan memungkingkan siswa/anak memperoleh pengalaman
belajar yang lebih realistilk. Manfaat jika menggunakan metode ini adalah Guru
dapat mengembangkan pemikiran kritis dan keterampilan kreatif untuk sang
anak/murid. Selain itu, Dapat meningkatkan motivasi anak/murid dalam belajar
dan juga Murid/anak akan dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah.
Satuan Pendidikan : TK/PAUD Bunga Mawar
Kelompok/Usia :
A-B / 4-5 Tahun
Tema : Air, Udara, Api
Kompetensi Dasar |
Materi |
Indikator |
1.1 2.1, 2.2 3.1, 3.2, 3.5, 3.12, 3.15 4.1, 4.2, 4.5, 4.12, 4.15 |
·
Mengenal tata cara berbicara ·
Cara untuk berani tampil depan teman, guru, orang tua
dan lingkungan sosial lainnya ·
Pengembangan motoric ·
Pengembangan motoric halus ·
Prilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun ·
Menyelesaikan kegiatan dengan berbagai cara untuk
mengatasi masalah ·
Mengembangkan aktivitas karya seni |
·
Berdoa sebelum melakukan kegiatan ·
Berdoa sesudah melakukan kegiatan ·
Berpakaian rapi ·
Membalas salam dari guru ·
Bermain tebak gambar ·
Menakar/mengukur air ·
Merasakan udara yang terdapat didalam balon ·
Menyalakan api dengan menggunakan lilin ·
Menulis nama benda ·
Rasa ingin tahu ·
Membuat bentuk tempat minum dengan plastisin/clay |
A.
Materi Dalam Kegiatan
1.
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
2.
Bercakap-cakap tentang manfaat air, udara dan api
3.
Mengenal manfaatnya
4.
Menulis nama benda yang ada di sekitarnya
B.
Materi yang Masuk Dalam Pembiasaan
1.
Bersyukur sebagai ciptaan Tuhan
2.
Mengucapkan salam masuk dalam SOP penyambutan dan penjemputan’
3.
Doa sebelum belajar dan mengenal aturan masuk ke dalam SOP pembukaan
4.
Mencuci tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan.
C.
Alat dan Bahan
1.
Krayon
2.
Pensil
3.
Warna
4.
Kertas
5.
Spidol
6.
Lilin
7.
Korek Api
8.
Dan beberapa alat yang menyesuaikan
D.
Media
1.
Balon
2.
Plastic
3.
Kain
4.
Benang
5.
Air
6.
Baskon
7.
Spon
8.
Dan Bahan alam lainnya
E.
Pendekatan & Metode
Pendekatan :
Scientific
Model :
Discovery Learning
Metode :
Pengamatan, Diskusi, dan Tanya Jawab
F.
Kegiatan Belajar
Kegiatan Belajar |
Waktu |
Alat dan Sumber |
|
Pembukaan |
·
Guru membuka pertemuan denga memberikan salam dan penuh
syukur dan santun. ·
Bercakap-cakap tentang manfaat air, udara dan api |
10 menit |
Gambar-gambar yang relevan |
Inti |
(Model Pembelajaran) Discovery Learning Pendekatan Saintifik Pemberian rangsangan (stimulation) Mengamati Guru memunculkan sebuah ketertarikan
anak/murid untuk mengamati benda-benda yang berhubungan dengan materi dengan
melakukan menakar air dengan bantuan spon Menanya ·
Guru memotivasi anak/murid dengan memberikan kesempatan
untuk menuliskan nama alat/benda yang disekitar anak/murid (air, kayu,
baskon, botol, spon dan pewarna) ·
Guru membuat bentuk tempat air dan meminta murid/anak
mengisi tempat tersebut dengan air ·
Guru meminta murid/anak meniup balon yang sudah
disediakan di sekitar mereka ·
Guru meminta anak/murid menyalakan lilin dengan
mengguna korek api (dalam pengawasan guru) Pernyataan/Identifikasi Masalah (Problem Statement) Mengumpulkan Informasi Guru akan memberikan kesempatan untuk murid/anak untuk
menyebutkan sesuatu yang mereka lakukan dan menamai hal tersebut dengan sabar
dan percaya diri |
40 Menit |
Air, Baskom, Balon, Spon, Korek Api, Lilin
dan benda yang relevan lainnya. |
Penutup |
·
Bermain Tebak gambar yang berhubungan Air, Api dan
Udara Rangkuman dan Refleksi Guru menjelaskan kembali tentang manfaat Api, Udara dan
Api di kehidupan sehari-hari. ·
Doa, Salam dan Pulang |
10 |
Gambar macam bermanfaat |
G.
Penilaian
1.
Sasaran Penilaian
No |
Lingkup Perkembangan |
Standar
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) |
KD |
Indikator |
I |
Nilai
Agama dan
Moral |
a)
Mengucapkan
doa sebelum/sesudah melakukan sesuatu b)
Mengenal
perilaku baik/sopan c)
Mengucapkan
salam dan membalas salam |
1.1 3.1 4.1 3.2 4.2 |
a.
Berdoa
sebelum melakukan kegiatan b.
Berdoa
sesudah melakukan kegiatan c.
Berpakaian
rapi d.
Membalas
salam dari guru |
II |
Fisik
Motorik |
Melakukan
permainan fisik dengan aturan |
2.1 3.5 4.5 |
Bermain
tebak gambar |
III |
Kognitif |
Menunjukkan
aktivitas yang bersifat ekploratif dan menyelidik |
3.5 4.5 |
Menakar/
mengukur air |
IV |
Bahasa |
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf |
3.12 4.12 |
Menulis
nama benda |
V |
Sosial
Emosional |
Mengendalikan
diri secara wajar |
2.2 |
Rasa
ingin tahu |
VI |
Seni |
Membuat
karya seperti bentuk sesungguhnya |
3.15 4.15 |
Membuat
bentuk tempat minum dengan plastisin/clay |
2.
Teknik Penilaian
a)
Catatan Hasil Karya
b)
Catatan Anekdot
c)
Skala Pencapaian Perkembangan
Penjelasan:
Pada RPP yang saya gunakan, saya menggunakan
metode pembelajaran Discovery Learning. Dengan penjabaran yaitu diawal kelas,
saya menarik perhatikan anak/murid dengan melakukan sebuah percobaan dengan
menggunakan wadah, air, balon, korek api dan juga lilin. Disela-sela saya akan
meminta anak/murid tersebut melakukan hal tersebut sambil mengamati sifat-sifat
air, udara, api dan bentuknya serta apa yang terjadi dengan hal tersebut.
Kemudian, saya memberi kesempatan para murid/anak untuk bertanya mengenai
percobaan mereka. Disaat itulah mereka akan menyaring dan mengumpulkan
informasi di kelas. Setelahnya saya meminta para anak/murid untuk menyebutkan
manfaat serta sifat-sifatnya. Disini akan terlihat bahwa anak/murid diminta
untuk memecahkan sebuah masalah dengan cara berpikirnya melalui praktek yang
dilakukannya. Mereka mendapatkan pengetahuan dari ketidaktahuan mereka menjadi
tahu akan hal tersebut.