Monday, October 10, 2022

 


I. Pendahuluan 

Kita mengetahui bahwa perkembangan seni lukis di Negara ini sangatlah pesat berbagai jenis lukisan baru bermunculan dimana-mana, ,mereka berlomba menunjukan keunggulan dari setiap lukisan yang mereka temukan. Maka dari itu kita harus bias melestarikan lukisan tradisional.

Secara historis, seni lukis sangat terkait dengan gambar. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu, nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dinding gua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan. Sebuah lukisan atau gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yang sederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya. Salah satu teknik terkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah dengan menempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahan dedaunan atau batu mineral berwarna. Hasilnya adalah jiplakan tangan berwana-warni di dinding-dinding gua yang masih bisa dilihat hingga saat ini. Kemudahan ini memungkinkan gambar (dan selanjutnya lukisan) untuk berkembang lebih cepat daripada cabang seni rupa lain seperti seni patung dan seni keramik.

Seperti gambar, lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar seperti dinding, lantai, kertas, atau kanvas. Dalam pendidikan seni rupa modern di Indonesia, sifat ini disebut juga dengan dwi-matra (dua dimensi, dimensi datar).

Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia, binatang, dan objek-objek alam lain seperti pohon, bukit, gunung, sungai, dan laut. Bentuk dari objek yang digambar tidak selalu serupa dengan aslinya. Ini disebut citra dan itu sangat dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis terhadap objeknya. Misalnya, gambar seekor banteng dibuat dengan proporsi tanduk yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tanduk asli. Pencitraan ini dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis yang menganggap tanduk adalah bagian paling mengesankan dari seekor banteng. Karena itu, citra mengenai satu macam objek menjadi berbeda-beda tergantung dari pemahaman budaya masyarakat di daerahnya.

Jadi dalam rangka meningkatkan kemampuan dibidang seni, khususnya seni rupa serta untuk memenuhi tugas akhir pelajaran seni rupa, karya siswa kelas IX perlu dipandang untuk dipamerkan kreativitas, kemampuan, dan bakat siswa dibidang seni dan juga perlu terus diasah, ditingkatkan, dan disalurkan dalam bentuk pameran baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.

Karena dengan diadakannya pameran ini diharapkan orang yang berkunjung dalam pameran ini dapat mengapresiasikan karya tersebut, sehingga  siswa dapat meningkatkan kemampuannya untuk menjadi yang lebih baik.

Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka kami selaku kelas XI SMA 2 Negeri Lumajang perlu memandang untuk mengerjakan kegiatan pameran seni rupa di dalam sekolahan dalam rangka 

Melestarikan seni lukis tradisional. 

 

II. Nama Kegiatan

Pameran Seni Lukis Tradisional SMA 2 Negeri Lumajang


III. Landasan Kegiatan

Hal yang mendasari pelaksanaan kegiatan ini yakni program kegiatan mata pelajaran seni rupa yang diikuti oleh seluruh siswa/i kelas XI serta hasil diskusi dengan rekan-rekan siswa, guna menunjukkan kreatifitas siswa serta sebagai tugas akhir semester mata pelajaran seni rupa.


IV. Tujuan

Sebagai sarana hiburan/rekreasi bagi pemerhati seni, siswa, dan masyarakat

Memberikan motivasi pengujung untuk mengambil langkah kongkrit yang bermanfaat  dalam mempelajari kesenian.

Memupuk rasa cinta dan mengembangkan budaya nasional.

Disekolah sebagai perwujudan hasil praktek akhir dari mata pelajaran seni rupa.

Sarana untuk menunjukkan dan mengembangkan talenta (bakat) seni pada siswa dan masyarakat dengan harapan mendapat pengakuan umum.

Sarana prestasi artinya pameran seni rupa merupakan ajang berprestasi, kompetisi, dan timbul pemikiran untuk berbuat dan berkarya yang baik.

Sarana apresiasi artinya dengan melihat pameran seni rupa akan muncul berbagai tanggapan, kritik, penilaian, sarana penghargaan, dan rangsangan seseorang untuk berkreasi dalam berkarya dan berolah seni.

arana edukatif artinya sarana pembelajaran kepada orang lain, menanamkan akan nilai - nilai keindahan (estetika) dalam lingkup luas, dan mendidik siswa akan keseimbangan batin/rasa dengan akal/pikiran.

Sarana rekreasi artinya pameran dapat untuk sarana hiburan. Dengan melihat pameran timbul rasa senang, segar, dan menghilangkan kejenuhan dan ketegangan batin dan fisik.

Sarana motivasi dan sarana komunikasi


V. Waktu Pelaksanaan

Hari                  : Selasa - Kamis

2) Tanggal            : 24 - 26 Mei 2016

3) Waktu              : 08.00 sampai selesai

4) Tempat           :Pinandhita Hall, SMA Negeri 02 Lumajang


VI. Susunan Kepanitiaan

Pelindung : Kepala Sekolah (Dra.Hj Widowati Tjindarwasih, MM.)

Penanggung jawab : Guru Seni Rupa (Slamet  S.Pd.)

Ketua : Ruseva Zulfikar Alif Nur

Wakil ketua : Akbar Rafsanjani

Sekretaris : Anisah Fadiyatur Rahma

Bendahara : Viona Adinda Ayu

Seksi-seksi terdiri dari :

Seksi karya : Arvelina Noviyanti D.

Seksi tempat & perlengkapan : M. Wahyudi

Seksi dekorasi : Lilik Faiqotul Himmah

Seksi acara : Fikananda Risang Abimanyu

Seksi komsumsi   : Ajeng Sakia Putri

Seksi  dokumentasi : Rossalina Glasiya Rachmandha

Seksi pendanaan : Fauziah Amir

Seksi publikasi : Aldino Achmad F.


VII. Anggaran

1) Pemasukan

Iuran siswa Rp. 10.000  x  214 siswa   = Rp. 2.140.000

Subsidi dari sekolah (BDS)   = Rp. 1.000.000

Sponsor = Rp. 1.000.000

_________________+

    Rp. 4.140.000




2) Pengeluaran

Perlengkapan (sounds system, tratak, panggung, kursi, dll)   = Rp. 1.900.000

Pergelaran (kerta, figura, paku, kawat, lem, lakban, dll (Pameran)) = Rp.    200.000

ATK ( Alat tulis kertas) = Rp.    115.000

Dokumentasi (Video) = Rp.    500.000

Komsumsi Rp. 15.000 x ( 40 siswa + 10 guru) = Rp.    750.000

Lain-lain = Rp.    100.000

_________________+

         Rp. 3.065.000


VII. Susunan Acara Dan Jadwal

Hari I

Hari, tanggal : Selasa, 24 Mei 2016

Acara

1) 08.00 - 09.00

Pembukaan oleh Kepala sekolah dan Dewan guru

  2) 09.00 - 11.00

Istirahat I    : Kunjungan kelas X A1 - X S2

3) 11.00 - 14.00

Istirahat II   : Kunjungan kelas XI A1- XI S2

Hari II

Hari, tanggal : Rabu, 25 Mei 2016 

Acara

1) 08.00 - 10.00

Istirahat I    : Kunjungan kelas XII A1 - XII S2

       2) 10.00 - 13.00

Istirahat II   : Kunjungan kelas para dewan guru

Hari III

Hari, tanggal :  Kamis, 26 Mei 2016

Acara :

1) 08.00 - sampai selesai

Kunjungan oleh semua kalangan masyarakat  

IX. Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan sebagai laporan. Kami mohon saran dan petunjuk dari kepala sekolah agar pelaksanaan kegiatan pameran ini dapat berlangsung lancar dan sukses. Aamiin.



















    Lumajang, 15 Mei 2016


                 Panitia Pameran Seni Rupa



                  Ketua Sekretaris



.....................      .......................

      (Ruseva Zulfikar A. N.)                 (Anisah Fadiyatur Rahma)  

                  Menyetujui


       Kepala SMA 2 Negeri Lumajang          Guru Seni Budaya




         ................................                     ......................

       Dra, Hj Widowati Tjindarwasih, MM.       Slamet Budiono, S.Pd.

(NIP. 19570930 198103 2 006)     (NIP.9760524 201001 1 011)

















PROPOSAL KEGIATAN PAMERAN SEKOLAH DALAM RANGKA

TUGAS AKHIR SENI BUDAYA

        TANGGAL 24-26 MEI TAHUN 2016


           


Disusun Oleh : 


Muhammad Syamsu Bachri

          XI MIA 5 / 25


SMA 2 Negeri Lumajang

Tahun Ajaran 2015 - 2016


Tuesday, September 27, 2022

 

Berikut ini adalah beberapa contoh soal NLC yang dapat digunakan untuk menguji kemampuan logika Anda:

 



Top of Form

  1. Diketahui sebuah persamaan alfa numerik sebagai berikut (AA)B = ABBA. Tentukan nilai B yang memenuhi persamaan di atas!

A) 1

B) 2

C) 3

D) 4

E) 5

 

  1. Sederet kartu remi dengan angka terbilang dari 8 hingga As (7 kartu) tersusun dari kiri kekanan dengan aturan seperti berikut:
    • Kartu As berada 2 kartu di sebelah kartu 9 (di antaranyaada 1 kartu)
    • Kartu 8 berada di antara kartu King dan kartu 10
    • Kartu King berada 4 kartu di sebelah kartu As (di antaranya ada 3 kartu)
    • Kartu Jack ada tepat di sebelah kanan kartu As
    • Kartu Queen tepat berada di tengah
    • Kartu Jack ada di kanan kartu 10

Dari informasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa susunan kartu yang tepat adalah:

A) A-J-9-Q-10-8-K

B) A-J-9-Q-K-8-10

C) 10-8-K-Q-A-J-9

D) K-8-10-Q-A-J-9

E) 10-8-K-Q-9-A-J

 

  1. Berapakah A + B + C + D?

A) 15

B) 16

C) 19

D) 20

E) 23

 

  1. Dua dadu sisi-sisinya dicat biru dan hitam. Dadu pertama terdiri dari 2 sisi warna biru dan 4 sisi warna hitam. Ketika kedua dadu tersebut dilempar, peluang munculnya sisi dadu yang berwarna sama adalah 4/9 , ada berapa banyakkah sisi dadu berwarna biru dan hitam pada kedua dadu tersebut?

A) Biru : 6, Hitam : 6

B) Biru : 4, Hitam : 8

C) Biru : 8, Hitam : 4

D) Biru : 5, Hitam : 7

E) Biru : 5, Hitam : 7

 

  1. Pada awalnya ada beberapa orang yang berada di dalam bus. Di halte pertama ada 5 orang turun dan 7 orang naik. Di halte kedua Elsi dan kedua temannya turun, Ensi dan Lita naik. Di halte terakhir, dua belas penumpang yang tersisa turun semua. Ada berapa penumpang di dalam bus sebelum halte pertama?

A) 10

B) 11

C) 12

D) 13

E) 14

 

  1. 3, 6, 11, 18, y, z, 59, 78.
    Berapakah nilai z?

A) 30

B) 38

C) 42

D) 51

E) 58

 

  1. M, V, B, M, J, S, U, ?
    Jawaban yang tepat untuk mengisi tanda tanya adalah…

A) M

B) K

C) N

D) T

E) a, b, c, d salah

 

  1. Nalcy has twelve black socks and twelve white socks in her drawer. In complete darkness, and without looking, how many socks must she take from the drawer in order to be sure to get a pair that match?

A) 2

B) 3

C) 12

D) 13

E) None of the above

 

  1. Setelah perampokan Kantor Pos setempat, lima tersangka sedang diwawancarai.Di bawah ini adalah ringkasan laporan mereka.

    Brian mengatakan: Bukan Charles, Itu Alan
    Derek berkata: Itu Charles, Bukan Alan
    Charles mengatakan: Itu Brian, Bukan Eric
    Alan mengatakan: Itu Eric, Bukan Brian
    Eric mengatakan: Itu Derek, Itu Alan

    Polisi tahu bahwa setiap dari mereka mengatakan kebenaran dalam salah satu pernyataan dan berbohong di lain. Dari informasi ini tentukan siapa yang melakukan kejahatan?

A) Alan

B) Brian

C) Charles

D) Derek

E) Erik

 

  1. How many lines are there in this picture below

A) 10

B) 13

C) 16

D) 17

E) a, b, c, and d are false

 

Bottom of Form

 

ALAT SEDERHANA PENGOLAH LIMBAH SAMAPAH PLASTIK

 

ALAT SEDERHANA PENGOLAH LIMBAH SAMAPAH PLASTIK

Senin, 29 Oktober 2012

 

Oleh: akmad hussein S.T

 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj4ZDyF5-5VBFgXF1YwN39rZalShbn7_oqjiGZtuUtMOWp-NZg1v3B8BfIhyq8VF-daKokd2ZhQCncZtHiZUgUPTb1WQS_qJf23tIGMtcDOOtgQO0KUfC-e81EydxlTK34xbiEMIy1Cn0E/s320/021712070919.jpg

Bermula dari pemberitaan di salah satu stasiun televisi tentang anak SMP yang berhasil membuat alat pengubah limbah plastik menjadi minyak. Rasa penasaran mulai membayangi, coba bayangkan jika tiap keluarga mampu membuat alat ini, dan memakainya untuk mengubah limbah sampah plastik disekitar rumah, hampir bisa dipastikan tak akan ada lagi sampah plastik yang bertebaran, lingkungan jadi semakin bersih dan tanpa sadar kita sudah berpartisipasi pada usaha penyelamatan bumi dari pencemaran limbah plastik. 

Sebagai tambahan, plastik baru bisa terurai setelah 100 tahun berada dalam tanah, bisa juga lebih, tergantung pada jenis plastiknya. hmmm lama banget kan !!

Selain itu, untuk keperluan sehari hari kita tidak perlu membeli minyak tanah yang harganya semakin tak terjangkau. Sebab minyak yang dihasilkan alat ini kualitasnya lebih bagus dari minyak tanah. Dan jika mau, kita bisa mengkonversi lebih lanjut menjadi bensin, solar etc. 

Isu kenaikan BBM yang sedang menghangat, sepertinya bakalan menambah kebermanfaatan alat ini pikirku. Penasaran semakin berlanjut yang pada akhirnya memaksaku untuk berkeliling seputaran google. Ada banyak informasi dan referensi yang aku dapatkan, dimulai dari sebuah mesin raksasa dari Amerika yang dapat menghabiskan ribuan ton sampah dalam setiap tahunnya untuk kemudian dikonversi menjadi minyak mentah. 

Lanjut ke seorang warga Jepang yang membuat alat pengubah sampah plastik menjadi minyak. Alat ini lebih simpel dan diproduksi untuk kebutuhan rumah tangga, namun sayang harganya yang masih selangit yaitu sekitar 100 juta rupiah. Alat ini diproduksi oleh perusahaan Jepang bernama Blest,

Tidak hanya sampai disitu, ternyata di kota Ngawi anak anak SMK mampu membuat alat yang lebih sederhana dan lebih masuk akal untuk masyarakat Indonesia. Alat ini menggunakan bahan utama tabung elpiji 3 kg dan pipa besi, dilengkapi dengan dua lubang penguapan yang mampu menghasilkan bensin dan solar. Hmmmm mantap juga nih alat, namun sayangnya lagi, untuk dapat membuat alat ini memerlukan modal sekitar 600 ribu rupiah, murah? iya tapi masih belum cukup hemat untuk ukuran kantongku.

Akhirnya pencarian referensi dan informasi sampailah pada titik konsep bahwa sebenarnya plastik memiliki kemiripan unsur pembentuk dengan bahan bakar minyak. Saat dipanaskan plastik akan meleleh lalu mencair, cairan plastik ini jika terus dipanaskan akan membentuk uap panas, dan jika uap panas ini melewati pendingin (kondensor) dia akan mengembun dan membentuk minyak. Mungkin itu konsep dasar yang aku tangkap. Mohon koreksinya kalo salah.

Setelah tertangkap konsep dasarnya, aku kembali melihat video anak smp di awal, akhirnya alat ini yang aku jadikan patokan, karena dari semua alat yang ada hanya inilah yang paling sederhana. 

Okeeey sobat saatnya kita memulai pembuatan alat dengan menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan: 

1.     Kaleng bekas biskuit Khong Guan, tanggo atau sejenisnya

2.     Pipa besi sepanjang 2 meter atau  lebih panjang akan lebih bagus. Jika kurang dari 2 meter, kondensasi uap panasnya tidak maksimal. aku menggunakan pipa bekas antene :p

3.     Lem besi

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyYOv8WYQ-eJV2qgum2erzAo8PT4gLTa4j9QGOGhwMWWITG1Zt9x_fBXLHlkDnmyEQkQ9U-76Hpi3ENKSgCQEsNv26CKLbLEGRxbgEojo_uqhQe5PGYBfiN94GxPOr6ejbCzHv0WHtdn0/s320/img2616-1306033247.JPG

4.     Sampah plastik
Beberapa sampah plastik yang aku gunakan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhubjAh-Btf6iY15Q_-Y7fEsimFiRdyY53Wp_zwU4g4WqAPrn3uEkCIRIK1_qBYk6fZFYiqr_fOv1Qgt85uZ72Hg6U90SP9Olmzicza13TttZqYPMVnciAtHRmRDRHWPJgOFMDS1jxfNTM/s320/bahan-plaastik.jpg

Selanjutnya tinggal merakitnya menjadi bentuk seperti di bawah. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi55woPrkVSsJKohTWylxhtUk9iYYKkSaozqi6rmhX8rgWf1r5rUIu2cpOn8NoKJemw2mfREteJQfp8bQAUXaHi0h-NsJeaRagloIE0PO_nQCsIirCWiOpXzjHJcxbd1i4sG6OM_x0FoSk/s320/021712070854.jpg


Yang perlu diperhatikan adalah saat pengeleman, usahakan tiap sambungan tertutup lem dengan rapat, sebab jika ada kebocoran akan berpengaruh pada proses kondensasi dan banyaknya minyak yang dihasilkan.

Ini adalah tampilan alat sederhana buatanku..

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCb_JQWfLr2fMfpzXaUGEsJTGTQWVb_XiYssFkZeakej1x9OwDZBlIF82ujQL2bajJvAJ9Xt7LAmIEviqWvJA9oQ7Rbx74elE2b6YQy_pJbPrEKJxQDiMhhlHIFXwQen3LPvbfP_JBblU/s320/alatku.jpg


Dari percobaan yang sudah aku lakukan, sampah plastik satu kaleng tango dapat menghasilkan minyak sebanyak setengah botol air mineral. Sebenarnya kuantitas minyak yang dihasilkan dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah jenis sampah plastik yang digunakan.  Plastik botol minum seperti (aqua, mizone, pocari sweat, ember plastik etc) dapat menghasilkan lebih banyak minyak jika dibandingkan dengan kantong plastik, ato plastik-plastik snack.


Alat ini juga sudah aku coba di sekolah, dan alhamdulillah berhasil, berikut hasil percobaan kita.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiMNanCP-fdpEPrw-0cM06prZisPJd9UAMUAvMgtnSyxV85ISvn5ZwyQq9cHd4mci1QhGaaPVmlJa7clwOyCkg0ibJrboyF-D3uGLDIi-JlAdvHlm_Sr61hDBIRqCIIJeEtqYy2OBN6faE/s320/032112110159.jpg



Kita mencoba memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak dipakai serta sampah yang ada disekitar sekolah, termasuk tempat uji coba juga dilakukan pada bekas reruntuhan bangunan sekolah :). Ohya untuk pembakaran bisa dengan media apapun, disekolah aku nyoba make bahan bakar kayu, Namun untuk hasil yang maksimal, kita bisa menggunakan kompor gas, kenapa? yaaa karena panasnya lebih stabil dan kita mudah dalam mengatur suhu pemanasannya.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrLTB5XTABU9ueIB15rcrUUUI5BXE2x0uZGXrppJRuzeL0lPeCTPNSeGDqV9mg3UEELGPNhkfcWw-sWpwgbFp_2K872QUJJSDMLhy264JzYjGcXb48wyv_mx-Wy-1lNEYTof3XQjHixiU/s320/alat-1.jpg



Foto anak anak sedang melakukan pengeleman pada pipa besi.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEin49IQRwuybHu7QW_5Lld4lcKJyDkOb-Q48zT0LAHP623pA98icJyqdQzXE_-z0sUqVcKErfAoL98rtXEpcp52FjGKxt1Bev634KEKPcUGqggBz77JfIs_Jm6IchbyxKQ6QSfv4Abb5bo/s320/proses-pengeleman.jpg



Jika pemanasan stabil (sayangnya aku ga sempet ngukur suhu pemanasannya) sekitar 20 - 30 menit pemanasan, minyak akan mulai menetes pada ujung pipa.

Dan ini dia hasilnya, aku sempet membuktikan bahwa minyak yang dihasilkan lebih bagus kualitasnya dari minyak tanah, sebab minyak ini dapat menyala di atas pipa besi dan sempet menyambar kumpulan minyak yang ada di bawahnya. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOPlI49dbOl72d23t1KWoVll-Fj_RaEe9dsphjWeRHpLwyJlUFtvrGEXvdpsXSjB68W2Q6TcSmyveTrgtQUGvjVViY5yAreO4BAUkDwHcoYJIvbeis3C-LmFMO_4p6yawBVL86AqcajFY/s320/nyala.jpg

Menurut keterangan yang aku dapatkan, minyak yang dihasilkan dengan alat sederhana ini masih termasuk minyak mentah, artinya minyak ini masih bisa diproses lebih lanjut menjadi bensin, solar, minyak tanah dan sejenisnya.

Ohya semenjak ada alat ini, semua sampah plastik di rumah, aku kumpulkan untuk kemudian aku konversi menjadi minyak dan mudah-mudahan dengan adanya alat seperti ini lingkungan sekitar rumahku terbebas dari sampah plastik.

Sekian, semoga menginspirasi.

 

KATALOG MENU BALITA

  KATALOG A.       Nasi -Nasi merah -Nasi tim - Nasi tim beras merah - Bubur nasi B.       Ayam -Bola-bola ayam kuah -Siomay...