LAPORAN
GELADI UNIVERSITAS TELKOM 2019
PT.
TELKOM INDONESIA TBK
WITEL
JEMBER JAWA TIMUR
Untuk memenuhi
tugas mata kuliah Geladi Program Studi S1
Teknik Telekomunikasi
Universitas Telkom
Disusun Oleh :
Ashrorry Aulia
Buana Negara (1101170127)
S1
TEKNIK TELEKOMUNIKASI
FAKULTAS
TEKNIK ELEKTRO
UNIVERSITAS
TELKOM
2019
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR GELADI UNIVERSITAS TELKOM
Laporan ini diajukan sebagai tanda berakhirnya masa
Geladi Universitas Telkom yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni – 26 Juli
2019. Bertempat di Witel Jember :
Nama : Ashrorry Aulia Buana Negara
NIM : 1101170127
Program Studi :
S1 Teknik Telekomunikasi
Fakultas :
Fakultas Teknik Elektro
Tanggal Pelaksanaan :
17 Juni – 26 Juli 2019
Tempat Geladi : Witel Jatim Timur Jember,
ditempatkan pada divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service).
Disetujui dan disahkan oleh :
Jember, 26 Juli 2019
Pembimbing
Lapangan
Pembimbing Akademik
Novieka D. Muhammad Faris Ruriawan, S.T., M.T.,
NIK : 890099 NIP : 189201177
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melapangkan jalan bagi
penulis dalam menyelesaikan laporan hasil kegiatan geladi untuk memenuhi tugas
mata kuliah Geladi Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom.
Laporan
ini berisi kegiatan geladi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta hasil
kegiatan geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember
yang dilaksanakan selama 17 Juni – 26 Juli 2019.
Penulis
merasa bahwa terselesainya tulisan ini antara lain karena bantuan, bimbingan
dan dorongan bagi berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis
menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada :
- Bapak Dr. Bambang Setia N., S.T., M.T., selaku Dekan
Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom;
- Ibu Dr. Levy Olivia Nur, S.T., M.T., selaku Ketua
Jurusan Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom;
- Bapak Dr. Istikmal, S.T., M.T., selaku Dosen Wali
Penulis yang selalu memberi arahan;
- Bapak Muhammad Faris Ruriawan S.T., M.T., selaku
Dosen Pembimbing Akademik yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing
dan mengarahkan dalam melaksanakan geladi serta pengerjaan laporan geladi
sehingga dapat terselesaikan dengan baik;
- Ibu Sari Wiwid Wimurti, selaku manajer BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) di PT. Telekomunikasi Indonesia
Jatim Timur Jember.
- Ibu Novieka, selaku Pembimbing Lapangan yang telah
membimbing penulis dalam melaksanakan geladi di lapangan;
- Kedua orang tua, dan adik tersayang yang telah
memberi penulis dukungan moril maupun materil;
- Seluruh karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jatim
Timur Jember khususnya divisi Bapak/ Ibu manajer BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) di PT. Telekomunikasi Indonesia
Jatim Timur Jember;
- Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan
geladi yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.
Penulis sadar, bahwa di dalam
penulisan laporan ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis
berharap adanya kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan penulisan
laporan ini. Penulis berharap dengan adanya laporan geladi ini, dapat
memberikan manfaat dan inspirasi pada khalayak. Aamiin
Jember,
26 Juli 2019
Penulis
RINGKASAN
Geladi
merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan
oleh kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari
geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan
kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa mampu dan terampil
menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus sehingga
mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja nantinya.
Geladi
di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang dilaksanakan
selama 17 Juni – 26 Juli 2019 diposisikan pada divisi BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service). BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) merupakan sebuah divisi yang
bertugas sebagai unit yang melayani bisnis, kantor, dan layanan produk dari
telkom di Witel Jember.
Dengan
adanya geladi memberikan banyak manfaat, antara lain 1) Mengetahui dan
mengikuti budaya kerja dari Telkom Jember khususnya di divisi BGES; 2) Memperoleh
pengalaman tentang dunia kerja yang sebenarnya tepatnya di Witel Jember;
3) Memberikan pengalaman praktik kerja dan penyelesaian
masalah yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan
ketrampilan di divisi BGES
Witel Jatim Timur Jember; dan 4) Membentuk
kerja tim yang solid.
Kata Kunci : Geladi, BGES
DAFTAR
ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL......................................................................................... i
LEMBAR
PENGESAHAN............................................................................. ii
KATA PENGANTAR.................................................................................... iii
RINGKASAN .................................................................................................. v
DAFTAR ISI ................................................................................................... vi
DAFTAR TABEL ........................................................................................ viii
DAFTAR GAMBAR .................................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang.............................................................................................. 1
1.2 Profil Perusahaan........................................................................................... 2
1.2.1
Alamat Perusahaan............................................................................. 2
1.2.2
Sejarah PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk........................................ 2
1.2.3
Sejarah PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel.............................. 3
1.2.4
Logo PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk........................................... 4
1.2.5
Bidang Usaha
Perusahaan.................................................................. 5
1.2.6
Visi dan Misi
Perusahaan.................................................................... 6
1.3 Struktur Organisasi Perusahaan dan Unit..................................................... 7
1.4 Rumusan Masalah......................................................................................... 8
1.5 Batasan Masalah............................................................................................ 8
1.6 Tujuan Pelaksanaan Geladi........................................................................... 9
BAB II TINJAUAN TEORI.......................................................................... 10
2.1 Perbedaan divisi BGES (Business, Goverment, and
Enterprise Service) dengan DCS (Divisi Consumer Service)........................................................................................................ 10
2.1.1
BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) .................... 10
2.1.2
DCS (Divisi Consumer Service)Masalah Gizi anak
Sekolah............ 11
2.2 Produk Divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) ....... 12
2.2.1
Astinet.............................................................................................. 12
2.2.2
Astinet Lite....................................................................................... 12
2.2.3
Astinet Beda Bandwidth.................................................................. 13
2.2.4
Metro Ehernet................................................................................... 13
2.2.5
VPN IP............................................................................................. 13
2.2.6
High Speed Internet......................................................................... 14
2.2.7
SIP Trunk.......................................................................................... 14
2.2.8
Wifi Station...................................................................................... 14
2.2.9
Wifi Revolution One........................................................................ 15
2.2.10
MangoeSky....................................................................................... 15
2.2.11
Wifi.id Corner 2.0 (WiCO) .............................................................. 16
2.2.12
IP Transit.......................................................................................... 16
2.3
Fiber Optic ................................................................................................. 16
2.3.1
Pengertian Fiber Optic
..................................................................... 16
2.3.2
Sejarah Fiber Optic
.......................................................................... 17
2.3.3
Macam dan Jenis Fiber Optic
.......................................................... 17
2.3.4
Karakteristik Fiber Optic
................................................................. 17
2.3.5
Prinsip kerja Fiber Optic
.................................................................. 18
2.3.6
Kelebihan Fiber Optic
..................................................................... 19
2.3.7
Kelemahan Fiber Optic
.................................................................... 21
BAB III PELAKSANAAN
GELADI........................................................... 20
3.1
Rencana Kegiatan....................................................................................... 23
3.2
Pelaksanaan................................................................................................. 23
3.3 Hasil............................................................................................................ 28
BAB IV PENUTUPAN ................................................................................. 30
4.1 Kesimpulan.................................................................................................. 30
4.2 Saran............................................................................................................ 31
DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 32
LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................ 33
DAFTAR
TABEL
Halaman
Tabel 1. Uraian Kegiatan Pelaksanaan Geladi.................................................. 22
DAFTAR GAMBAR
Halaman
Gambar 1. Logo PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk.......................................... 4
Gambar 2. Struktur Organinasi PT. Telekomunikasi Indonesia Witel
Jember.... 7
Gambar 3. Struktur Unit BGES Witel Jember.................................................. 10
BAB
1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pada
era globalisasi ini, teknologi semakin berkembang. Terutama pada bidang
teknologi, informasi, dan komunikasi. Sehingga tak dipungkiri bahwa dengan
adanya hal tersebut membantu manusia dalam kehidupan sehari hari.
Adanya
telekomunikasi, manusia yang pada awalnya bertukar informasi terhambat oleh
jarak, kini dapat bertukar informasi dengan mudah. Teknologi telekomunikasi
menjadi suatu kebutuhan untuk memeroleh informasi , sehingga banyak perusahaan
penyedia jasa telekomunikasi menyediakan fasilitas dan layanan sebaik-baiknya
untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, salah satunya yaitu PT. Telekomunikasi
Indonesia Tbk.
Untuk
itu, penulis memilih PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk sebagai tempat
melaksanakan geladi dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah geladi program
studi S1 Teknik Telkomunikasi Universitas Telkom.
Geladi
merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan oleh
kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari
geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan
kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa diharapkan mampu dan
terampil menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus
sehingga mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja
nantinya.
Pelaksanaan
geladi dilakukan yaitu dengan menempatkan mahasiswa – mahasiswi S1 Teknik
Telekomunikasi semester 4 Universitas Telkom di perusahaan yang sudah
bekerjasama dengan kampus yaitu salah satunya PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
yang disetiap lokasinya diberi satu pembimbing akademik dan satu pembimbing
lapangan.
Tempat
pelaksanaan geladi yang dipilih oleh penulis yaitu di PT. Telekomunikasi
Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang dilaksanakan selama 17 Juni – 26
Juli 2019 dimana penulis diposisikan pada divisi BGES (Business, Goverment,
and Enterprise Service). BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) merupakan sebuah divisi yang
bertugas sebagai unit yang melayani bisnis, kantor, dan layanan produk dari
telkom di Witel Jember.
1.2 Profil Perusahaan
1.2.1 Alamat Perusahaan
PT. Telekomunikasi Indoneisa Tbk terletak di Jl. Gajah
Mada No.182, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131.
1.2.2 Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia
Tbk
PT. Telekomunikasi Indonesia
Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan penyedia layanan
telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom Indonesia menyediakan layanan
berupa telepon rumah, telepon seluler, televisi, dan internet baik secara
langsung maupun melalui anak perusahaan.
Telkom Indonesia sudah ada
sejak zaman kolonial tepatnya pada tahun 1882 dalam jawatan post telegraaf
telefoon (PTT) dan menjadi perusahaan negara pada tahun 1961 dengan nama
Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1960,
PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro)
dan perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
Tahun 1974, PN Telekomunikasi
diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang
menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Pada tahun
1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi
Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
PT. Telekomunikasi Indonesia
memiliki operabisnis yang terbagi atas dua belas wilayah telekomunikasi
(witel). Kedua belas wilayah telekomunikasi tersebut kemudian dirombak menjadi
tujuh divisi regional yaitu :
·
Divisi I Sumatera
·
Divisi II Jakarta
·
Divisi III Jawa
Barat
·
Divisi IV Jawa
Tengah dan DI Yogyakarta
·
Divisi V Jawa Timur
·
Divisi VI
Kalimantan
·
Divisi VII
Indonesia Bagian Timur
Selanjutnya Telkom Indonesia
melaksanakan penawaran saham perdana pada tanggal 14 November 1995. Sejak saat
itu, saham Telkom Indonesia tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta
dan Bursa Efek Surabaya. Tahun 2001 Telkom Indonesia membeli saham Telkomsel
sebanyak 35% dari PT. Indosat sebagai restrukturisasi industri jasa
telekomunikasi di Indonesia.
1.2.3 Sejarah PT. Telekomunikasi
Indonesia Tbk Witel Jember
PT. Telokumunikasi Indonesia Tbk Witel Jember didirikan berdasarkan surat
edaran dari pusat pada tahun 1882 yaitu berdiri dengan nama Kantor Daerah
Telepon dan Telegraf atau disingkat Kandagraf Jember. Kantor Kandagraf memiliki
2 tempat, yaitu Kantor Teknik berlokasi di Jalan Kartini Jember dan Kantor Tata
di Jalan PB Sudirman.
Pada tahun 1961, Kandagraf Jember berubah menjadi Perusahaan Negara Pos
dan Telekomunikasi Jember (PN Postel Jember). Selanjutnya, 1965 PN Postel
Jember dipecah menjadi dua, yaitu Perusahaan Negara Pos dan Giro Jember (PN Pos
dan Giro Jember) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi Jember (PN
Telekomunikasi), lalu pada tahun 1974 berubah nama menjadi Perusahaan Umum
Telekomunikasi Jember (Perumtel Jember). Pada tahun 1980, status Perumtel
menjadi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selanjutnya pada tahun 1991,
Perumtel berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) sehingga berubah nama
menjadi Kantor Daerah Telekomunikasi Jember (Kandatel Jember) yang membawahi
beberapa Kantor Cabang Telekomunikasi (Kancatel) meliputi Banyuwangi,
Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo.
Pada tahun 2001, PT. Telkom melakukan transformasi kembali, diantaranya transformasi logo dan transformasi organisasi. Area Datel Jember yang awalnya membawahi beberapa kabupaten, berubah menjadi Witel Jember. Witel Jatim Timur Jembe,r sebagai salah satu ujung tombak PT Telkom Divisi Regional V, Jawa, Timur, wilayahnya meliputi area pelayanan Jember yaitu Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) :
1.2.4 Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
Gambar 1. Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
Logo diatas merupakan gambar logo terbaru dari PT. Telekomunikasi
Indonesia Tbk. Logo tersebut berganti dan digunakan sejak 16 Agustus 2013 –
sekarang. Perubahan logo tersebut mencakup perubahan logo secara menyeluruh dan
terintegrasi dengan empat aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis,
infrastruktur, sistem, model operasi dan sumber daya manusia. Dibalik pembuatan
logo, ada beberapa makna atau arti dalam setiap unsur logo, yaitu sebagai
berikut :
a.
Warna
·
Merah
Artinya berani, cinta, energi, dan ulet. Dalam hal
ini, mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam
menghadapi tantangan dan perusahaan.
·
Putih
Artinya suci, damai, cahaya, dan bersatu. Dalam hal
ini, memcerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.
·
Hitam
Warna dasar yang melambangkan kemauan keras.
·
Abu
Warna transisi yang melambangkan teknologi.
c.
Empowering : Tangan yang meraih ke luar. Simbol ini
mencerminkan pertumbuhan dan
ekspansi ke luar.
d.
Assured : Jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah
kecermatan, perhatian, serta
kepercayaan dan hubungan yang erat.
e.
Progressive : Kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari
matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.
f. Heart : Telapak tangan yang mencerminkan
kehidupan untuk menggapai masa depan.
Selain itu, di dalam logo tersebut terdapat tag line berbunyi “the world in your hand” yang artinya dunia berada dalam genggamanmu.
1.2.5 Bidang Usaha Perusahaan
Telkom Indonesia meluncurkan
“New Telkom” pada tanggal 23 Oktober 2009 yang ditandai dengan penggantian
identitas perusahaan dari perusahaan infocomm_ menjadi perusahaan
penyelenggara TIME.
Dengan berfokuskan kuat pada
layanan TIME, Telkom Indonesia berkomitmen untuk memastikan seluruh pelanggan
Telkom Indonesia dapat menikmati gaya hidup masa depan mulai hari ini. Bisni
TIME sendiri memiliki arti yaitu :
a.
Telecommunication
Merupakan
bisnis Telkom Indonesia yang merupakan wajah dari perusahaan ini selama ini.
Cakupan layanan telekomunikasi yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia antara
lain berupa telepon kabel tidak bergerak, telepon nirkabel bergerak, layanan
komunikasi data, Plain Ordinary Telephone Service (POTS), broadband, satelit,
penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dikelola anak
perusahaan Telkomsel yang menargetkan segmen pasar yang sangat luas.
b.
Information
Adalah salah
satu New Economy Business (NEB) yang dikembangkan Telkom Indonesia yang
merupakan layanan terintegrasi meluputi value added services (VAS) dan managed
application / IT outsourcing (ITO), e-payment, dan IT enabler
Services (ITeS) untuk memberikan kemudahan dalam proses kerja dan
transaksi.
c.
Media
Merupakan
layanan NEB yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia meliputi Free To Air
(FTA) dan PayTV yang menawarkan gaya hidup modern bagi keluarga Indonesia.
d.
Edutainment
Merupakan
salah satu layanan NEB yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia untuk memperluas
segmen pasar terutama anak muda dengan cakupan layanan berupa Ring Back Tone
(RBT), SMS Content, portal, dan lain-lain.
1.2.6 Visi dan Misi Perusahaan
Visi dari PT. Telekomunikasi
Indonesia Tbk yaitu “Be the King of Digital in the Region”. Sedangkan
misi dari perusahaan ini yaitu “Lead Indonesian Digital Innovation and
Globalization”.
Visi dan misi PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.
Corporate Culture :
the telkom way
Basic Belief :
always the best
Core Values :
solid, speed, smart
Key Behaviors :
imagine, focus, action
1.3 Struktur
Organisasi Perusahaan dan Unit
Berikut merupakan struktur organisasi yang terdapat pada Witel
Jember :
Gambar 2. Struktur Organinasi PT. Telekomunikasi Indonesia Witel
Jember
Berdasarkan struktur organisasi
di atas, terdapat tugas-tugas yang berbeda tiap manajemennya, yaitu :
a)
Manajer umum (general
manajer) bertanggung jawab tentang operasional di kantor wilayah baik
pengembangan SDM maupun pengembangan produk yang menjadi tanggung jawab.
b)
Manajer BGES(Business,
Goverment, and Enterprise Service) bertugas memimpin pengelolaan fungsi Business,
Goverment, and Enterprise Service untuk mendukung pencapaian performansi.
c)
Manajer akses (manager
access area) bertugas untuk menjaga kualitas layanan jaringan lokal dibantu
oleh divisi Bussiness Service yang bertanggung jawab atas kenyamanan
pelanggan.
d)
Manajer CS (manager
customer service) bertanggung jawab atas kenyamanan pelanggan Telkom
Personal.
e)
Manajer HR dan
CDC (manager human resources and community development center) bertugas
mengelola Direktorat Human Capital and General Affairs dan mengelola
sumber daya manusia seluruh unit usaha melalui Human Resorces Center dan
memastikan pengendalian di unit usaha Corporate Services lainnya.
f)
Manajer jaringan (manager
network area) bertugas untuk memelihara dan menjaga kualitas layanan
jaringan antar wilayah.
g)
Manajer CCAN (Corporate
Customer Access Network) &
WAN (Wide Area Network) bertugas menjaga kualitas layanan wirelessbroadband.
1.4 Rumusan Masalah
Berikut merupakan rumusan masalah yang ditemukan pada
saat geladi berlangsung :
1.
Apa perbedaan BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan Divisi Consumer
Service (DCS)?
2.
Apa saja produk
yang ditawarkan oleh divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) Telkom?
3.
Apa itu fiber
optic?
1.5 Batasan Masalah
1.
Perbedaan BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) dengan Divisi Consumer Service (DCS)
2.
Produk yang
ditawarkan oleh BGES(Business, Goverment, and Enterprise Service) Telkom
3.
Penjelasan dari fiber
optic
1.6 Tujuan Pelaksanaan
Geladi
Adapun tujuan penulis dengan melakukan kegiatan geladi di
Witel Jatim Timur yaitu :
1.
Mengetahui dan
mengikuti budaya kerja dari Telkom Jember khususnya di divisi BGES.
2.
Memperoleh
pengalaman tentang dunia kerja yang sebenarnya tepatnya di Witel Jember.
3.
Memberikan pengalaman praktik kerja dan penyelesaian
masalah yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan
ketrampilan di divisi BGES
Witel Jatim Timur Jember.
4.
Membentuk kerja tim
yang solid.
BAB II
TINJAUAN TEORI
2.1 Perbedaan divisi BGES (Business, Goverment, and
Enterprise Service) dengan DCS (Divisi Consumer Service)
2.1.1 BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)
BGES (Business, Goverment,
and Enterprise Service) merupakan
suatu unit di PT. Telkom Indonesia Witel Jember yang memiliki tugas untuk
melayani bisnis, pemerintahan, dan layanan perusahaan. BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) dipimpin oleh manajer yang dibawahi
langsung oleh manajer umum (general manager). Manajer BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) memiliki tugas untuk memimpin pengolahan
fungsi Business, Goverment, and Enterprise Service untuk
mendukung pencapaian performansi.
Gambar
3. Struktur Unit BGES Witel Jember
Tanggung jawab yang
dimiliki unit Business, Goverment, and Enterprise Service yaitu :
a)
Mencapai kinerja
unit secara ekspansif dengan menggunakan program kerja unit kepada tim,
merumuskan Sasaran Kinerja Individu (SKI) tim, mengalokasikan sumber daya unit
secara tepat, mengimplementasikan program kerja yang telah tersusun, memonitor
dan mengulas pencapaian kerja anggota tim secara periodik
b)
Menjamin
pelaksanaan internal control dan resiko pengawasan secara konsisten
dengan menjalankan pengawasan melekat secara konsisten atas semua proses kerja,
memetakkan resiko pada proses kerja, merencanakan dan membuat pelaporan resiko
secara periodik
c)
Asman (asisten
manajer) Sales Engineer, bidding, & PM memimpin pengelolaan fungsi Business,
Goverment, and Enterprise Service Sales Engineer, bidding, & PM untuk
mendukung pencapaian performansi
d)
Asman (asisten manajer)
Teritory Sales bertanggung jawab dalam pengelolaan fungsi Business,
Goverment, and Enterprise Service Teritory Sales Untuk mendukung pencapaian
performansi.
2.1.2 DCS (Divisi Consumer Service)
DCS (Divisi Consumer Service) adalah divisi yang bertugas untuk mengelola
pelanggan. Disini, pelanggan dibagi menjadi dua yaitu personal dan korporat.
Selain itu DCS juga memiliki tugas yaitu menawarkan program jaminan tingkat
layanan minimum yang dijanjikan kepada pelanggan terhadap kualitas produk dan
penanganan. Jadi, disini DCS merupakan ujung tombak terpenting perusahaan dalam
membangun kepuasan pelanggan.
Consumer Servise sendiri bisa diartikan sebagai jembatan antara
perusahaan dengan pelanggan. Consumer Service
adalah layanan yang diberikan sebagai pendukung (support) dari sebuah
produk. Consumer Service antara lain
meliputi lingkup pekerjaan: menjawab pertanyaan, menangani pesanan, menangani
tagihan dengan pelanggan, dan mengatur jadwal seperti jadwal
kedatangan Sales Rep atau teknisi.
Dalam hal ini, pengetahuan akan produk saja tidak cukup,
tetapi mereka perlu memiliki keterampilan (skills ) dan sikap (attitude) yang positif pula.
2.2 Produk Divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service)
Berikut
merupakan produk yang ditawarkan oleh divisi BGES (Business, Goverment, and
Enterprise Service) :
2.2.1 Astinet
Astinet
merupakan layanan high end broadband internet acces dari Telkom ke arah
global internet dan atau domestik dengan jaminan rasio bandwidth 1:1
sampai dengan titik referensi, menggunakan internet resource milik
Telkom, digelar diatas beragam platform teknologi akses.
Berikut
keuntungan yang diberikan oleh Astinet :
a)
Kecepatan tinggi koneksi ke global internet dengan kapasitas gateway
internet terbesar di Indonesia
b)
Quality of Service (QoS) 1:1 hingga titik referensi
c)
Jangkauan Nasional
d)
Mendapatkan IP Statis
Berikut aplikasi yang dapat
didukung oleh Astinet :
a)
Aplikasi internet
b)
Web Surfing
c)
E-mail
d)
Instant messaging
e)
FTP (File Transfer Protocol)
2.2.2 Astinet Lite
Astinet
Lite merupakan solusi hemat kebutuhan internet dan memberikan jaminan rasio 1:4
yang bersifat up-to pada rasio bandwidth upstream dan downstream
untuk koneksi ke arah global.
Keuntungan
yang diberikan oleh Astinet Lite tidak jauh beda dengan keuntungan yang
diberikan oleh Astinet. Perbedaannya hanya terletak pada rasio bandwidth
upstream dan downstream yaitu 1:4.
2.2.3 Astinet Beda Bandwidth
Astinet Beda Bandwidth merupakan pengembangan dari Astinet
dan memberikan bandwidth khusus untuk jalur global maupun domestik
dengan perbandingan downstream dan upstream maksimal 1:10 untuk
reservasi bandwidth global dan domestik.
Tidak seperti Astinet Lite yang masih memiliki IP statik,
Astinet Beda Bandwidth tidak memberikan IP statis kepada pelanggan. Demikian
juga dengan rasio 1:10 yang relatif tidak cocok untuk digunakan oleh pelanggan
yang sangat membutuhkan kecepatan upload yang sangat tinggi.
2.2.4 Metro Ehernet
Metro Ethernet merupakan layanan komunikasi data berkecepatan
tinggi berbasis IP/Ethernet dengan jaminan keamanan data, reliability, dan
sistem monitoring dan asuransi 24 jam.
Terdapat beberapa layanan yang disediakan di Metro Ethernet,
yaitu :
a)
MetroLink, merupakan layanan connectivity berbasis Telkom Metro
yang meliputi layanan point to point, point to multipoint, dan multipoint
to multipoint.
b)
Intra Metro, merupakan layanan MetroLink yang dicatu oleh node-node Metro
Ethernet yang terhubung dalam satu ring sesuai dengan konfigurasi penggelaran
Infrastruktur Metro Ethernet Telkom.
c)
Inter Metro, merupakan layanan MetroLink antara Intra Metro dengan
konfigurasi point to point.
d)
MetroIDC, merupakan layanan Bundling antara layanan connectivity
(Metro Link) dengan layanan lokasi (Plasatron).
2.2.5 VPN IP
VPN
IP adalah layanan untuk menghubungkan jaringan melalui jaringan MPLS (Multi-Protocol
Label Switching) dengan cakupan area hampir di seluruh wilayah Indonesia.
Adapun
keuntungan yang diberikan oleh VPN IP yaitu :
a)
Kualitas layanan tinggi untuk aplikasi yang membutuhkan real time
b)
Menyesuaikan dengan topologi dan konfigurasi pelanggan
c)
Beragam pilihan kecepatan sesuai dengan kebutuhan bisnis pelanggan
2.2.6 High Speed Internet
HSI (High
Speed Internet) merupakan layanan internet broadband dari Telkom
untuk pelanggan perumahan atau personal yang membutuhkan akses standart dengan
harga yang kompetitif yang bersifat asimetrik untuk bandwitdh upstream dan
downstream.
Adapun
keuntungan yang diberikan oleh HSI (High Speed Internet) yaitu :
a)
Layanan internet unlimited dengan harga yang kompetitif
b)
Diberikan 1 alamat IP dinamik publik
c)
Kecepatan tinggi mulai dari 10 Mbps hingga 100 Mbps
2.2.7 SIP Trunk
Layanan
SIP Trunk adalah layanan untuk koneksi PBX ( Private Branch Exchange) di
sisi pelanggan dengan perangkat sentral telepon Telkom dengan menggunakan media
akses SIP (Session Initation Protocol). Tipe PBX ( Private Branch
Exchange) yang berada di sisi pelanggan harus tersedia port untuk
koneksi melalui IP.
Adapun
keuntungan yang diberikan oleh SIP Trunk yaitu :
a)
Tersedia berbagai kapasitas sesuai kebutuhan bisnis pelanggan
b)
Kemudahan untuk penambahan kapasitas
c)
Pembebanan dapat berdasarkan nomor atau trunk grup
2.2.8 Wifi Station
Wifi Station memberikan layanan internet wifi dedicated
untuk kebutuhan bisnis pelanggan dengan kecepatan up to 100 Mbps
berbasis 100% fiber. Layanan ini dilengkapi berbagai Value Added Service antara
lain :
a)
Akses internet berkecepatan tinggi up to 100 Mbps
b)
Bebas kuota pemakaian
c)
Custom welcome page untuk promosi dan spot iklan
d)
Voucher Management System kontrol otoritas akses
e)
Filling form untuk customer profiling
f)
Dasbor pemantau kondisi perangkat & koneksi
2.2.9 Wifi Revolution One
WIRO (Wifi Revolution One) adalah layanan internet wifi
dengan kecepatan tinggi serta didukung oleh berbagai value added as a
service seperti user profiling, advertising, dan monitoring
dashboard.
Fitur
yang menjadi keunggulan WIRO (Wifi Revolution One) yaitu:
a)
Seamless Connection
UserID pelanggan dapat digunakan di area lokasi tanpa perlu login ulang
di setiap area selama masa tinggal pelanggan di area tersebut
b)
Kemudahan kontrol dan operasional oleh pihak pengelola
c)
Kemampuan “Zero Deployment” yang memungkinkan setting dan provisionin
bisa dilakukan secara terpusat dan mudah diatur secara efektif
d)
Dapat diintegrasikan dengan sistem yang dimiliki oleh pelanggan bisnis
e)
Mengkustomisasi Wifi dengan beberapa opsi solusi
1.
Halaman awal
2.
Portal yang dapat disesuaikan
3.
Iklan dalam sesi
4.
Data analisa pengguna
2.2.10 MangoeSky
MangoeSky merupakan layanan broadband internet access yang
disediakan untuk masyarakat pengguna internet menggunakan media satelit.
MangoeSky merupakan solusi untuk wilayah yang tidak terjangkau oleh kabel,
fiber, maupun mobile kecepatan tinggi.
Adapun
keuntungan yang diberikan oleh MangoeSky yaitu :
a)
Menjangkau daerah rural dengan kecepatan tinggi 2 Mbps
b)
Akses satelit dengan back up auto-switch HUB Cikarang, Bintaro dan
Pulo Gadung
c)
Isi ulang kuota yang mudah
2.2.11 Wifi.id Corner 2.0
(WiCO)
Wifi.id
Cornet 2.0 (WiCo) adalah inovasi terbaru dari Telkom dimana WiCo memiliki
konsep warung internet digital guna untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan
Menengah (UMKM) yang akan menyediakan tempat dan menjual voucher Wifi.id
seharga Rp. 3500/2jam kepada pengguna internet di lokasi tersebut.
Berikut
merupakan keuntungan yang diberikan oleh Wifi.id Corner 2.0 (WiCo) yaitu :
a)
Kecepatan access point dengan kecepatan 100 Mbps
b)
Akses internet yang stabil
c)
Privasi terjaga
d)
Harga voucher yang relatif murah
2.2.12 IP Transit
Layanan
IP Transit adalah layanan interkoneksi trafik ke global internet dengan fitur Full
Route BGP (Border Gateway Protocol) Internet dan menggunakan
blok IP dan AS (Autonomous System) number milik pelanggan dan
juga memiliki rasio bandwidth ke gateway adalah 1:1.
Adapun
keuntungan dari layanan ini yaitu :
a)
Kemudahan dalam pendistribusian layanan internet
b)
Keleluasaan dalam pengolahan IP sendiri
c)
Efisiensi biaya gateway internasional
d)
Memiliki alternatif untuk memilih upstream provider untuk
meningkatkan performansi network ISP
e)
Koneksi langsung ke global internet dengan kualitas premium
f)
Jaminan layanan ke global internet
2.3 Fiber Optic
2.3.1 Pengertian Fiber
Optic
Menurut Rambe (2006), serat
optik merupakan salah satu alternatif media transmisi komunikasi yang cukup
handal, karena memiliki keunggulan dibanding media lainnya. Sistem komunikasi
serat optik memanfaatkan cahaya sebagai gelombang informasi yang akan dikirimkan.
Pada bagian pengirim terdapat sebuah sumber optik yang berfungsi mengubah
sinyal elektrik menjadi sinyal optik yaitu berupa berkas cahaya. Kemudian
diteruskan ke kanal informasi yang terbuat dari serat optik. Kanal ini
berfungsi sebagai pemandu gelombang yang mentransmisikan berkas cahaya hingga
ke penerima. Dan pada bagian penerima, berkas cahaya diterima oleh detektor
optik yang berfungsi mengubah sinyal optik menjadi sinyal elektrik kembali.
2.3.2 Sejarah Fiber
Optic
Penerobosan besar yang membawa
pada teknologi komunikasi serat optik dengan kapasitas tinggi adalah penemuan
Laser pada tahun 1960, namun pada tahun tersebut kunci utama di dalam sistem
serat praktis belum ditemukan yaitu serat yang efisien. Baru pada tahun 1970
serat dengan loss yang rendah dikembangkan dan komunikasi serat optik menjadi
praktis. Serat optik telah berkembang selama enam generasi mulai dari generasi
pertama (1970) hingga generasi ke-enam (1988).
2.3.3 Macam dan Jenis Fiber
Optic
Terdapat dua jenis fiber optic yaitu :
1.
Pipa Longgar (Loose
Tube)
Serat optik ditempatkan di dalam pipa longgar (loose
tube) yang terbuat dari bahan PBTP (Polybutylene
Terepthalete) dan berisi jelly. Saat ini sebuah kabel optik maksimum
mempunyai kapasitas 8 loose tube, dimana setiap loose tube berisi 12 serat
optik.
Fungsi dan bagian-bagian kabel
optik jenis loose tube :
2.
Alur (Slot)
Serat optik ditempatkan pada alur(slot) di dalam silinder
yang terbuat dari bahan PE (Polyethyiene). Pada saat di Jepang telah dibuat
kabel jenis slot dengan kapasitas 1.000 serat dan 3.000 serat.
2.3.4 Karakteristik Fiber
Optic
Karakteristik dari Fiber
Optic yaitu :
1.
Beroperasi pada kecepatan
tinggi
2.
Mampu membawa
paket-paket berkapasitas besar
3.
Biaya rata-rata
pernode cukup mahal
4.
Media dan ukuran konektor
kecil
5.
Kebal terhadap
interferensi elektromagnetik
6.
Jarak transmisi
yang relatif jauh
2.3.5 Prinsip kerja Fiber
Optic
Serat
optik mengirimkan data dengan kecepatan cahaya dan merambat melalui serat-serat
kaca. Berikut prinsip kerja serat optik berdasarkan rambatan cahaya :
1.
Multimode Step
Index
·
Indeks bias core
konstan.
·
Ukuran core antara
50 – 125 mm dan dilapisi cladding yang tipis.
·
Penyambungan kabel
lebih mudah karena memiliki core yang besar.
·
Banyak terjadi
dispersi.
·
Lebar pita
frekuensi terbatas/sempit.
·
Hanya digunakan
untuk jarak pendek dan transmisi data bit rate rendah.
·
Harga relatif
murah.
2. Multimode Graded Index
·
Core terdiri dari sejumlah lapisan gelas yang memiliki indeks
bias yang berbeda, indeks bias tertinggi terdapat pada pusat core dan
berangsur-angsur turun sampai ke batas core cladding.
·
Ukuran diameter
core antara 30 – 60 mm.
·
Cahaya merambat
karena difraksi yang terjadi pada core sehingga rambatan cahaya sejajar
dengan sumbu serat.
·
Dispersi lebih
kecil dibanding dengan Multimode Step Index.
·
Digunakan untuk
jarak menengah dan lebar pita frekuensi besar.
·
Harga relatif mahal
karena faktor pembuatannya lebih sulit.
3. Singlemode Step Index
·
Serat optik singlemode
memiliki diameter core antara 2 – 10 mm dan sangat kecil dibandingkan
dengan ukuran claddingnya.
·
Cahaya hanya
merambat dalam satu mode saja yaitu sejajar dengan sumbu serat optik.
·
Memiliki redaman
yang sangat kecil.
·
Memiliki lebar pita
frekuensi yang sangat lebar.
·
Digunakan untuk
jarak jauh dan mampu menyalurkan data dengan kecepatan bit rate yang
tinggi
2.3.6 Kelebihan Fiber Optic
Berikut merupakan kelebihan
dari fiber optic :
a.
Bandwidth yang Lebih Besar
Lebih
banyak bandwidth berarti serat atau fiber dapat membawa lebih banyak informasi yang lebih besar
daripada kawat tembaga. Kecepatan fiber optik tergantung pada jenis kabel yang
digunakan. Single-mode fiber menawarkan bandwidth terbesar
dan tanpa persyaratan bandwidth.
b. Kecepatan dan Jarak
Karena
sinyal kabel fiber optic terbuat dari
cahaya, sangat sedikit kehilangan sinyal terjadi selama transmisi, dan data
dapat bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh.
Serat tidak memiliki batasan jarak 100 meter (328-ft.) Dari tembaga twisted
pair unshielded (tanpa booster).
Jarak serat tergantung pada gaya kabel, panjang gelombang dan jaringan. Jarak
dapat berkisar dari 550 meter (984,2 kaki) untuk multimode 10-Gbps dan
hingga 40 kilometer (24,8 mi.) Untuk kabel mode tunggal.
c.
Keamanan
Data
akan aman dengan kabel fiber optic,
karena sangat sulit untuk disadap. Jika kabel disadap, sangat mudah untuk
memantau karena kabel bocor, menyebabkan seluruh sistem gagal berfungsi.
d.
Kekebalan dan Keandalan
Serat
menyediakan transmisi data yang sangat andal. Benar-benar kebal terhadap banyak
faktor lingkungan yang memengaruhi kabel tembaga. Inti terbuat dari kaca, yang
merupakan isolator, sehingga tidak ada arus listrik yang bisa mengalir. Ini
kebal terhadap gangguan elektrometrik dan interferensi frekuensi radio (EMI / RFI),
crosstalk, masalah impedansi, dan banyak lagi. Serat juga kurang rentan
terhadap fluktuasi suhu daripada tembaga dan dapat terendam dalam air.
e.
Desain
Serat
ini ringan, tipis, dan lebih tahan lama dibandingkan kabel tembaga. Untuk
mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi menggunakan kabel tembaga, perlu
menggunakan kabel dengan tingkat yang lebih tinggi, yang biasanya memiliki
diameter luar yang lebih besar, lebih berat, dan mengambil lebih banyak ruang
di kabel. Dengan kabel serat, sangat sedikit berbeda dalam diameter atau berat.
Kabel fiber optic memiliki
spesifikasi yang menarik hingga 10 kali lebih besar dari kabel tembaga,
tergantung pada spesifikasi kabel. Ukurannya yang kecil membuatnya lebih mudah
untuk ditangani, dan itu memakan lebih sedikit ruang di saluran kabel. Selain
itu, fiber optic
lebih mudah untuk diuji daripada kabel tembaga.
f.
Terminasi
Lapangan
Meskipun
fiber optic
masih lebih sulit untuk di terminasi daripada tembaga, kemajuan dalam alat fiber telah membuat terminasi dan
menggunakan serat di lapangan lebih mudah. Splicers
fusi cepat memungkinkan dengan auto-alignment mengaktifkan splicing
cepat di lapangan. Auto-aligning memastikan akurasi. Dan
penggunaan pig-tails dan pre-terminated cable membuat koneksi
lapangan menjadi cepat dan mudah.
g.
Biaya
Biaya
untuk kabel fiber optic,
komponen, dan perangkat keras terus menurun. Secara keseluruhan, kabel fiber optic
lebih mahal daripada kabel tembaga dalam jangka pendek, tetapi mungkin lebih
murah dalam jangka panjang. Serat biasanya lebih murah untuk perawatan,
memiliki downtime yang lebih sedikit, dan membutuhkan lebih sedikit
perangkat keras jaringan. Selain itu, kemajuan teknologi terminasi lapangan
telah mengurangi biaya pemasangan kabel fiber optik ini juga.
2.3.7 Kelemahan Fiber Optic
Kelemahan fiber optic antara lain :
a.
Mudah patah sehingga dalam
pemakaiannya diperlukan lapisan penguat sebagai proteksi
b.
Karakteristik transmisi dapat
berubah bila terjadi tekanan dari luar yang berlebihan.
c.
Sulit disambung, tidak dapat dialiri
listrik sehingga tidak dapat memberikan catuan pada pemasangan repeat.
BAB III
PELAKSANAAN GELADI
3.1 Rencana Kegiatan
Kegiatan Geladi dilaksanakan di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang
beralamat di Jl. Gajah Mada No.182,
Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131 selama 6 minggu yaitu 17 Juni – 26 Juli 2019. Penulis diposisikan di divisi BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service).
3.2 Pelaksanaan
Pelaksanaan geladi dilaksanakan selama jam
kerja yaitu:
a.
Senin
– Kamis : 07.30 – 16.30 WIB
Istirahat :
11.30
– 13.00
WIB
b.
Jumat : 08.00 –
17.00 WIB
Istirahat :
11.30 – 13.00 WIB
c.
Sabtu
– Minggu : Libur
Berikut
merupakan uraian kegiatan pelaksanaan geladi penulis selama di Witel Jatim
Timur Jember :
Tabel 1. Uraian
Kegiatan Pelaksanaan Geladi
Tanggal |
Uraian Kegiatan |
Keterangan |
17 Juni 2019 |
Hari pertama geladi. |
Bertemu Bapak Suyanto selaku OFF 1 HRD Witel Jember |
18 Juni 2019 |
Belajar mandiri di rumah. |
Arahan Bapak Suyanto sembari menunggu general manager Witel
Jember kembali dari Banyuwangi. |
19 Juni 2019 |
||
20 Juni 2019 |
||
21 Juni 2019 |
Pembukaan geladi bersama dengan Bapak Amin Jauhari selaku general
manager yang ditemani oleh Bapak Suyanto. |
Penempatan penulis di unit BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service). |
24 Juni 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Mazfiar Amri Arriza. |
Melakukan kunjungan ke 3 tempat untuk menyelesaikan masalah yang
dihadapi oleh pelanggan, antara lain : 1.
Memperbaiki masalah tidak bisa login pada perangkat baru pada
wifi.id corner yang terpasang di kedai kopi di kecamatan Sumbersari,
Jember 2.
Mengganti jenis layanan indihome milik pelanggan yang memiliki kos
putri di daerah Jember kota 3.
Menawarkan Wifi.id Corner 2.0 (WiCO) ke rumah pelanggan yang memiliki
usaha di daerah Curah Malang, Jember. |
25 Juni 2019 |
Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti. |
Memfilter data pelanggan Witel Jember ke data pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service). Pelanggan
BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu
pelanggan yang tercatat dalam daftar DCS dan berupa bisnis, pemerintahan, dan
perusahaan. Dari 283.200 pelanggan Witel Jember, didapat 2772 pelanggan BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service). |
26 Juni 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Tempat yang dikunjungi yaitu sebuah perusahaan pembudidayaan bibit
jagung yang bernama PT. AHSTI yang beralamat di Rowo Indah, Jember. Pelanggan
memiliki keluhan tentang kecepatan wifi yang terdapat di PT.AHSTI, lalu AM (Account
Manager) menawarkan solusi yaitu penawaran upgrade wifi indihome corporate. |
27 Juni 2019 |
Belajar bersama tim Optima dari Telkom access. |
Bertemu dengan Bapak Fitra dari tim Optima untuk belajar mengenai fiber
optic. Hal – hal yang dipelajari antara lain : 1.
FTTH (Fiber To The Home) 2.
FTTB (Fiber To The Building) 3.
FTTZ (Fiber To The Zone) 4.
FTTC (Fiber To The Curb) 5.
FTTT (Fiber To The Tower) 6.
Struktur fiber optic 7.
Perangkat aktif 8.
Perangkat pasif |
28 Juni 2019 |
Melakukan presentasi dihadapan salah satu AM (Account Manager)
BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Novieka. |
Melakukan presentasi secara tim bersama dengan rekan geladi tentang: 1.
Perbedaan BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) dengan DCS
(Divisi Consumer Service) 2.
Product Knowledge dari BGES (Business,
Goverment, and Enterprise Service) 3.
Kegiatan yang dilakukan selama Senin, 24 Juni 2019 hingga Selasa, 27
Juni 2019. |
01 Juli 2019 |
Belajar mandiri di kantor BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember. |
Belajar mandiri dari pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Novieka. |
02 Juli 2019 |
||
03 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Tempat yang dikunjungi yaitu perusahaan pembudidayaan benih yaitu PT.
Benih Citra Asia. Penawaran yang diberikan yaitu upgrade Astinet yang
terdapat di PT. Benih Citra Asia. |
04 Juli 2019 |
Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu
Novieka. |
Tugas yang diberikan yaitu membuat daftar ISP (Internet Service
Provider) yang terdapat di wilayah Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan
Situbondo selain Telkom dan Biznet. Daftar tersebut diketik pada
halaman kerja Excel dan wajib terdapat antara lain : 1.
Nama ISP (Internet Service Provider) 2.
Alamat HO (Head Office) dan BO (Branch Office) 3.
Nomor telepon 4.
E-mail 5.
website |
05 Juli 2019 |
||
08 Juli 2019 |
Tidak hadir ke kantor dikarenakan sakit. |
Izin diterima oleh
Ibu Sari. |
09 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza dan Ibu Novieka. |
Tempat yang dikunjungi yaitu salah satu kantor cabang penyedia logam
galium di kota Jember. Penawaran yang diberikan yaitu layanan Indihome Corporate
dan Astinet. |
10 Juli 2019 |
Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti. |
Menggali informasi dari perusahaan farmasi PT. Parit Padang Global yang
terletak di Kecamatan Sumbersari, Jember. |
11 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Tempat yang dikunjungi yaitu SMAN 01 Mumbulsari yang beralamat di Karang
Sirih, Suco, Mumbulsari, Jember. Masa kontrak pelanggan telah habis dan
pelanggan ingin memperpanjang kontrak tersebut dengan penawaran berupa
layanan Indihome Corporate dan Astinet. |
12 Juli 2019 |
Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti. |
Menggali informasi dari perusahaan logistik PT. Infiniti International
Logistic dan PT. Parama Global Inspira. |
15 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Tempat yang dikunjungi yaitu SMA Negeri 01 Rambipuji yang beralamat di
Kandang Kidul, Pecoro, Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pelanggan
diberikan penyuluhan tentang kebutuhan internet yang diperlukan oleh sekolah
untuk melakukan ujian berbasis komputer. |
16 Juli 2019 |
Tidak hadir ke kantor dikarenakan sakit. |
Izin diterima
oleh Ibu Sari. |
17 Juli 2019 |
||
18 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Mengunjungi beberapa tempat khususnya sekolah yang terdapat di wilayah
Bangsalsari, Jember dan melakukan penyuluhan untuk memindahkan jaringan
sekolah dari indihome rumahan ke indihome bussiness service. |
19 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Mengunjungi beberapa tempat di kota Bondowoso yaitu SMKN 1 Bondowoso
dan SMKN 3 Bondowoso terkait penyuluhan untuk memindahkan jaringan sekolah
dari indihome rumahan ke indihome bussiness service. |
22 Juli 2019 |
Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu
Novieka |
Melanjutkan pembuatan draft kontrak berlangganan antara PT.
Pelindo Properti Indonesia dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK. |
23 Juli 2019 |
||
24 Juli 2019 |
Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES
(Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak
Mazfiar Amri Arriza. |
Melakukan kunjungan ke 2 tempat, antara lain : 1.
PT. Mayang Sari yang terletak di Jl. Argopuro No.41, Tegal Gusi,
Mayang, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan menwarkan layanan Astinet dan
Astinet Lite kepada pelanggan. 2.
SMK Al-Ishlah Mayang untuk mendata dan
memberikan penawaran layanan internet
kepada sekolah. |
25 Juli 2019 |
Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Vita |
Melanjutkan pelengkapan draft kontrak berlangganan antara PT.
Pelindo Properti Indonesia dengan PT. Telekomunikasi Indonesia tbk. |
26 Juli 2019 |
|
|
Dalam pelaksanaannya peserta
geladi tentu tidak lantas dibiarkan jalan sendiri. Peserta geladi bekerja
bersama-sama dengan karyawan divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) Witel Jatim
Timur Jember dengan diberi bekal pengetahuan terlebih dahulu.
3.3 Hasil
Hasil yang diperoleh selama
melaksanakan kegiatan geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim
Timur Jember, antara lain :
a.
Penulis dapat
mengetahui secara sedikit demi sedikit gambaran nyata mengenai serba serbi
dunia kerja khususnya di unit BGES (Business, Goverment, and Enterprise
Service) Witel Jember.
b.
Penulis mampu melakukan pemfilteran data pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)
yang terletak di kawasan Witel Jember menggunakan aplikasi Microsoft Excel.
c.
Penulis mampu
mengetahui produk-produk yang ditawarkan oleh BGES (Business, Goverment, and
Enterprise Service) Witel Jember.
d.
Penulis mendapat
banyak wawasan tentang serat optik setelah bertemu dengan Bapak Fitra dari tim
Optima Witel Jember.
e.
Penulis dapat
menambah ilmu dengan tugas yang diberikan baik oleh manajer maupun AM (Account
Manager).
f.
Penulis mampu mengetahui kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)
Witel Jember.
g.
Penulis kerap kali diberi pertanyaan oleh AM (Account Manager)
tentang dunia telekomunikasi sehingga mampu menambah wawasan penulis sembari
menjawab pertanyaan tersebut.
BAB IV
PENUTUPAN
4.1 Kesimpulan
Geladi
merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan
oleh kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari
geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan
kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa mampu dan terampil
menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus sehingga
mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja nantinya.
Setelah
penulis melakukan kegiatan geladi yang dilaksanakan di Witel Jatim Timur
Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.
Geladi dilaksanakan
di divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jatim
Timur Jember yang terletak di Jalan Gajah Mada No. 182-185, Kaliwates, Jember,
Jawa Timur.
2.
Kegiatan yang rutin
dilakukan oleh penulis yaitu melakukan kunjungan bersama dengan AM (Account
Manager) ke tempat pelanggan untuk menawarkan solusi dari masalah yang
sedang dihadapi oleh pelanggan.
3.
Penawaran solusi
yang umumnya diajukan kepada pelanggan yaitu penawaran layanan Astinet,
Indihome Corporate, upgrade layanan, serta penawaran alat-alat
yang dibutuhkan oleh perusahaan.
4.
Permintaan yang umumnya
diminta oleh pelanggan yaitu tentang masalah pengajuan penambahan bandwidth,
pengajuan perpanjangan kontrak, serta pengajuan pemberhentian kontrak.
5.
Pelanggan yang
ingin memasang layanan Telkom namun tidak ada jaringan yang masuk ke tempat
pelanggan diberikan tawaran layanan Astinet.
6.
Pelanggan berupa
instansi sekolah yang masih menggunakan layanan Indihome rumahan harus
dialihkan ke pengguna Indihome bussiness service untuk pemberian
pelayanan yang lebih istimewa melalui penyuluhan oleh AM (Account Manager).
4.2 Saran
Selama
pelaksanaan kegiatan geladi yang berlangsung selama enam minggu di Witel Jatim
Timur Jember, penulis memiliki beberapa saran yang kedepannya diharapkan dapat
berguna bagi mahasiswa dan perusahaan, diantaranya sebagai berikut :
1.
Bagi instansi
perusahaan
Diharapkan perusahaan menyediakan agenda serta target harian bagi mahasiswa
saat geladi, sehingga dengan adanya hal tersebut perusahaan serta peserta
geladi dapat memanfaatkan waktu secara efisien. Agenda serta target harian
dapat berupa hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan oleh peserta geladi selama kegiatan geladi
berlangsung.
2.
Bagi mahasiswa
Dalam pelaksanaan geladi,
mahasiswa diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik serta cepat
beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan
geladi. Dengan membangun komunikasi yang baik, mahasiswa dapat memperlancar
serta mempermudah jalannya kegiatan geladi terlebih saat diberikan tugas oleh
manajer dan manajer akun. Mahasiswa juga seharusnya tidak canggung untuk
bertanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan karena hal ini merupakan
penunjang untuk kelancaran jalannya kegiatan geladi.
Sebelum melaksanakan kegiatan
geladi, mahasiswa sepatutnya telah mengetahui dan memahami tentang peraturan
yang ditetapkan oleh kantor sehingga mematuhi dan menjalankan peraturan yang
telah ditetapkan oleh kantor dapat memperlancar kegiatan geladi.
DAFTAR PUSTAKA
Kresteno, Sharon Gabriella. 2017. Pelaksanaan Kearsipan Bidang Business, Government, And Enterprise Service
di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Wilayah Jember. Jember : Universitas
Jember
Rachmawati, Vibrianie Padmaswari. 2012.
Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Tetap Non Manajerial Divisi
Costumer Service PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Tbk JAKARTA. Jakarta : Universitas Indonesia
Telkom._________.Profil dan Riwayat
Singkat. PT. Telkom Indonesia
[Online]:https://www.telkom.co.id/servlet/Satellite?c=Page&childpagename=AboutTelkomIndonesia%2FPage%2FTKAStockLanding&cid=1420610900240&d=Touch&pagename=AboutWrapper
diakses pada tanggal 26 Juni 2019
Trianawati, Neny. 2016. Prosedur Akuntansi
Kegiatan Open Table Untuk Kebutuhan Produk Indihome Pada PT. Telkom Witel Jatim
Timur Jember. Jember : Universitas
Jember
Rambe, Ali
Hanafiah. 2006. Teknologi Serat Optik. Jurnal Sistem Teknik Industri.
7(1) : 87-91.
Anonymous. 2015. Modul 13 – Pengenalan Teknik Telekomunikasi, Penerapan Sistem Serat
Optik. Bandung : Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom.
HYPERNET.
2018. Keuntungan Memilih Kabel Fiber Optik Dibanding Dengan Kabel
Tembaga. [Online] : https://hypernet.co.id/2018/09/02/8-keuntungan-memilih-kabel-fiber-optik-dibanding-dengan-kabel-tembaga/ diakdes pada tanggal 15 Juli 2019
LAMPIRAN
Kunjungan ke PT.
AHSTI terkait upgrade Indihome Corporate |
Presentasi
hasil geladi minggu pertama PT. Telekomunikasi Indonesia Witel JatimTimur
Jember |
||||
Kunjungan ke PT. Benih
Citra Asia terkait upgrade layanan Astinet |
Kunjungan ke SMAN
01Mumbulsari terkait penawaran layanan Astinet |
||||
Kunjungan ke SMPN
03 Bangsalsari terkait layanan Indihome Corporate |
Kunjungan
di SMK Plus Darussalam terkait layanan Indihome Corporate |
||||
Kunjungan ke SMP
Ishaqi terkait layanan Indihome Corporate |
Kunjungan ke SMK
Nurina terkait layanan Indihome Corporate |
||||
Kunjungan ke SMPN
01 Bangsalsari terkait layanan Indihome Corporate |
Sosialisasi di MA
Baniey Kholiel terkait layanan Indihome Corporate |
||||
Kunjungan ke
Yayasan MHI (Mamba’ul Khoiriyati Islamiyah) terkait layanan Indihome Corporate |
Gedung Yayasan
MHI |
||||
Sosialisasi
di SMKN 03
Bondowoso |
Sosialisasi
di SMKN 01
Bondowoso |
||||
Kunjungan
ke Hotel Grand Padis |
Sosialisasi
di SMAN 01 Rambipuji |
||||
Gedung PT.
Telekomunikasi Witel Jatim Timur, Jember |
Kunjungan
ke rumah pelanggan terkait layanan WiCo 2.0 |
No comments:
Post a Comment