Saturday, November 28, 2020

LAPORAN GELADI UNIVERSITAS TELKOM 2019 PT. TELKOM INDONESIA TBK WITEL JEMBER JAWA TIMUR

LAPORAN GELADI UNIVERSITAS TELKOM 2019

PT. TELKOM INDONESIA TBK

WITEL JEMBER JAWA TIMUR

 

 

Untuk memenuhi tugas mata kuliah Geladi Program Studi S1

Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom

 

 

 

Logo_Tel-U.svg_.png,D:\KANIA\LOGO-BARU-TELKOM.png
 

 

 


                                                                              

 

­

 

 

 

 

Disusun Oleh :

Ashrorry Aulia Buana Negara            (1101170127)

 

 

 

 

 

 

S1 TEKNIK TELEKOMUNIKASI

FAKULTAS TEKNIK ELEKTRO

UNIVERSITAS TELKOM

2019


LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN AKHIR GELADI UNIVERSITAS TELKOM

Laporan ini diajukan sebagai tanda berakhirnya masa Geladi Universitas Telkom yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juni – 26 Juli 2019. Bertempat di Witel Jember :

Nama                           : Ashrorry Aulia Buana Negara

NIM                            : 1101170127

Program Studi             : S1 Teknik Telekomunikasi

Fakultas                       : Fakultas Teknik Elektro

Tanggal Pelaksanaan   : 17 Juni – 26 Juli 2019

Tempat Geladi            : Witel Jatim Timur Jember, ditempatkan pada divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service).

 

Disetujui dan disahkan oleh :

Jember, 26 Juli 2019

 

Pembimbing Lapangan                                     Pembimbing Akademik

 

 

          Novieka D.                                   Muhammad Faris Ruriawan, S.T., M.T.,

        NIK : 890099                                                  NIP : 189201177

 

 

 

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melapangkan jalan bagi penulis dalam menyelesaikan laporan hasil kegiatan geladi untuk memenuhi tugas mata kuliah Geladi Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom.

Laporan ini berisi kegiatan geladi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, serta hasil kegiatan geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang dilaksanakan selama 17 Juni – 26 Juli 2019.

Penulis merasa bahwa terselesainya tulisan ini antara lain karena bantuan, bimbingan dan dorongan bagi berbagai pihak. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis menyampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada :

  1. Bapak Dr. Bambang Setia N., S.T., M.T., selaku Dekan Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom;
  2. Ibu Dr. Levy Olivia Nur, S.T., M.T., selaku Ketua Jurusan Prodi S1 Teknik Telekomunikasi Universitas Telkom;
  3. Bapak Dr. Istikmal, S.T., M.T., selaku Dosen Wali Penulis yang selalu memberi arahan;
  4. Bapak Muhammad Faris Ruriawan S.T., M.T., selaku Dosen Pembimbing Akademik yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing dan mengarahkan dalam melaksanakan geladi serta pengerjaan laporan geladi sehingga dapat terselesaikan dengan baik;
  5. Ibu Sari Wiwid Wimurti, selaku manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) di PT. Telekomunikasi Indonesia Jatim Timur Jember.
  6. Ibu Novieka, selaku Pembimbing Lapangan yang telah membimbing penulis dalam melaksanakan geladi di lapangan;
  7. Kedua orang tua, dan adik tersayang yang telah memberi penulis dukungan moril maupun materil;
  8. Seluruh karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jatim Timur Jember khususnya divisi Bapak/ Ibu manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) di PT. Telekomunikasi Indonesia Jatim Timur Jember;
  9. Semua pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan geladi yang tidak dapat penulis sebutkan satu per satu.

Penulis sadar, bahwa di dalam penulisan laporan ini masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, penulis berharap adanya kritik dan saran yang membangun untuk kesempurnaan penulisan laporan ini. Penulis berharap dengan adanya laporan geladi ini, dapat memberikan manfaat dan inspirasi pada khalayak. Aamiin

 

                                                                        Jember, 26 Juli 2019

                                                                                       Penulis


RINGKASAN

Geladi merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan oleh kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa mampu dan terampil menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus sehingga mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja nantinya.

Geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang dilaksanakan selama 17 Juni – 26 Juli 2019 diposisikan pada divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service). BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) merupakan sebuah divisi yang bertugas sebagai unit yang melayani bisnis, kantor, dan layanan produk dari telkom di Witel Jember.

Dengan adanya geladi memberikan banyak manfaat, antara lain 1) Mengetahui dan mengikuti budaya kerja dari Telkom Jember khususnya di divisi BGES; 2) Memperoleh pengalaman tentang dunia kerja yang sebenarnya tepatnya di Witel Jember; 3) Memberikan pengalaman praktik kerja dan penyelesaian masalah yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan ketrampilan di divisi BGES Witel Jatim Timur Jember; dan 4) Membentuk kerja tim yang solid.

 

Kata Kunci : Geladi, BGES

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR ISI

         Halaman

HALAMAN JUDUL......................................................................................... i

LEMBAR PENGESAHAN............................................................................. ii

KATA PENGANTAR.................................................................................... iii

RINGKASAN .................................................................................................. v

DAFTAR ISI ................................................................................................... vi

DAFTAR TABEL ........................................................................................ viii

DAFTAR GAMBAR .................................................................................... viii

BAB I PENDAHULUAN................................................................................. 1

1.1  Latar Belakang.............................................................................................. 1

1.2  Profil Perusahaan........................................................................................... 2

1.2.1        Alamat Perusahaan............................................................................. 2

1.2.2        Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk........................................ 2

1.2.3        Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel.............................. 3

1.2.4        Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk........................................... 4

1.2.5        Bidang Usaha Perusahaan.................................................................. 5

1.2.6        Visi dan Misi Perusahaan.................................................................... 6

1.3  Struktur Organisasi Perusahaan dan Unit..................................................... 7

1.4  Rumusan Masalah......................................................................................... 8

1.5  Batasan Masalah............................................................................................ 8

1.6  Tujuan Pelaksanaan Geladi........................................................................... 9

BAB II TINJAUAN TEORI.......................................................................... 10

2.1  Perbedaan divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan DCS (Divisi Consumer Service)........................................................................................................ 10

2.1.1        BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) .................... 10

2.1.2        DCS (Divisi Consumer Service)Masalah Gizi anak Sekolah............ 11

2.2  Produk Divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) ....... 12

2.2.1        Astinet.............................................................................................. 12

2.2.2        Astinet Lite....................................................................................... 12

2.2.3        Astinet Beda Bandwidth.................................................................. 13

2.2.4        Metro Ehernet................................................................................... 13

2.2.5        VPN IP............................................................................................. 13

2.2.6        High Speed Internet......................................................................... 14

2.2.7        SIP Trunk.......................................................................................... 14

2.2.8        Wifi Station...................................................................................... 14

2.2.9        Wifi Revolution One........................................................................ 15

2.2.10    MangoeSky....................................................................................... 15

2.2.11    Wifi.id Corner 2.0 (WiCO) .............................................................. 16

2.2.12    IP Transit.......................................................................................... 16

2.3  Fiber Optic ................................................................................................. 16

2.3.1        Pengertian Fiber Optic ..................................................................... 16

2.3.2        Sejarah Fiber Optic .......................................................................... 17

2.3.3        Macam dan Jenis Fiber Optic .......................................................... 17

2.3.4        Karakteristik Fiber Optic ................................................................. 17

2.3.5        Prinsip kerja Fiber Optic .................................................................. 18

2.3.6        Kelebihan Fiber Optic ..................................................................... 19

2.3.7        Kelemahan Fiber Optic .................................................................... 21

BAB III PELAKSANAAN GELADI........................................................... 20

3.1  Rencana Kegiatan....................................................................................... 23

3.2  Pelaksanaan................................................................................................. 23

3.3  Hasil............................................................................................................ 28

BAB IV PENUTUPAN ................................................................................. 30

4.1 Kesimpulan.................................................................................................. 30

4.2 Saran............................................................................................................ 31

DAFTAR PUSTAKA..................................................................................... 32

LAMPIRAN-LAMPIRAN............................................................................ 33

 

 

 


 

DAFTAR TABEL

                                                                                                            Halaman

Tabel 1. Uraian Kegiatan Pelaksanaan Geladi.................................................. 22

DAFTAR GAMBAR

                                                                                                           Halaman

Gambar 1. Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.......................................... 4

Gambar 2. Struktur Organinasi PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jember.... 7

Gambar 3. Struktur Unit BGES Witel Jember.................................................. 10

 

 

 

 

 

 


 


BAB 1

PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Pada era globalisasi ini, teknologi semakin berkembang. Terutama pada bidang teknologi, informasi, dan komunikasi. Sehingga tak dipungkiri bahwa dengan adanya hal tersebut membantu manusia dalam kehidupan sehari hari.

Adanya telekomunikasi, manusia yang pada awalnya bertukar informasi terhambat oleh jarak, kini dapat bertukar informasi dengan mudah. Teknologi telekomunikasi menjadi suatu kebutuhan untuk memeroleh informasi , sehingga banyak perusahaan penyedia jasa telekomunikasi menyediakan fasilitas dan layanan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan konsumennya, salah satunya yaitu PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk.

Untuk itu, penulis memilih PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk sebagai tempat melaksanakan geladi dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah geladi program studi S1 Teknik Telkomunikasi Universitas Telkom.

Geladi merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan oleh kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa diharapkan mampu dan terampil menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus sehingga mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja nantinya.

Pelaksanaan geladi dilakukan yaitu dengan menempatkan mahasiswa – mahasiswi S1 Teknik Telekomunikasi semester 4 Universitas Telkom di perusahaan yang sudah bekerjasama dengan kampus yaitu salah satunya PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yang disetiap lokasinya diberi satu pembimbing akademik dan satu pembimbing lapangan.

Tempat pelaksanaan geladi yang dipilih oleh penulis yaitu di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang dilaksanakan selama 17 Juni – 26 Juli 2019 dimana penulis diposisikan pada divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service). BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) merupakan sebuah divisi yang bertugas sebagai unit yang melayani bisnis, kantor, dan layanan produk dari telkom di Witel Jember.

1.2  Profil Perusahaan

1.2.1 Alamat Perusahaan

PT. Telekomunikasi Indoneisa Tbk terletak di Jl. Gajah Mada No.182, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131.

1.2.2 Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Telkom Indonesia menyediakan layanan berupa telepon rumah, telepon seluler, televisi, dan internet baik secara langsung maupun melalui anak perusahaan.

Telkom Indonesia sudah ada sejak zaman kolonial tepatnya pada tahun 1882 dalam jawatan post telegraaf telefoon (PTT) dan menjadi perusahaan negara pada tahun 1961 dengan nama Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1960, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).

Tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.

PT. Telekomunikasi Indonesia memiliki operabisnis yang terbagi atas dua belas wilayah telekomunikasi (witel). Kedua belas wilayah telekomunikasi tersebut kemudian dirombak menjadi tujuh divisi regional yaitu :

·         Divisi I Sumatera

·         Divisi II Jakarta

·         Divisi III Jawa Barat

·         Divisi IV Jawa Tengah dan DI Yogyakarta

·         Divisi V Jawa Timur

·         Divisi VI Kalimantan

·         Divisi VII Indonesia Bagian Timur

Selanjutnya Telkom Indonesia melaksanakan penawaran saham perdana pada tanggal 14 November 1995. Sejak saat itu, saham Telkom Indonesia tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Tahun 2001 Telkom Indonesia membeli saham Telkomsel sebanyak 35% dari PT. Indosat sebagai restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia.

1.2.3 Sejarah PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jember

PT. Telokumunikasi Indonesia Tbk Witel Jember didirikan berdasarkan surat edaran dari pusat pada tahun 1882 yaitu berdiri dengan nama Kantor Daerah Telepon dan Telegraf atau disingkat Kandagraf Jember. Kantor Kandagraf memiliki 2 tempat, yaitu Kantor Teknik berlokasi di Jalan Kartini Jember dan Kantor Tata di Jalan PB Sudirman.

Pada tahun 1961, Kandagraf Jember berubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi Jember (PN Postel Jember). Selanjutnya, 1965 PN Postel Jember dipecah menjadi dua, yaitu Perusahaan Negara Pos dan Giro Jember (PN Pos dan Giro Jember) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi Jember (PN Telekomunikasi), lalu pada tahun 1974 berubah nama menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi Jember (Perumtel Jember). Pada tahun 1980, status Perumtel menjadi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selanjutnya pada tahun 1991, Perumtel berubah menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) sehingga berubah nama menjadi Kantor Daerah Telekomunikasi Jember (Kandatel Jember) yang membawahi beberapa Kantor Cabang Telekomunikasi (Kancatel) meliputi Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, Lumajang dan Probolinggo.

Pada tahun 2001, PT. Telkom melakukan transformasi kembali, diantaranya transformasi logo dan transformasi organisasi. Area Datel Jember yang awalnya membawahi beberapa kabupaten, berubah menjadi Witel Jember. Witel Jatim Timur Jembe,r sebagai salah satu ujung tombak PT Telkom Divisi Regional V, Jawa, Timur, wilayahnya meliputi area pelayanan Jember yaitu Kantor Daerah Telekomunikasi (Kandatel) :

a.       Kandatel Banyuwangi

b.      Kandatel Situbondo

c.       Kandatel Bondowoso

1.2.4  Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 1. Logo PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Logo diatas merupakan gambar logo terbaru dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. Logo tersebut berganti dan digunakan sejak 16 Agustus 2013 – sekarang. Perubahan logo tersebut mencakup perubahan logo secara menyeluruh dan terintegrasi dengan empat aspek dasar perusahaan, yaitu transformasi bisnis, infrastruktur, sistem, model operasi dan sumber daya manusia. Dibalik pembuatan logo, ada beberapa makna atau arti dalam setiap unsur logo, yaitu sebagai berikut :

a.       Warna

·         Merah

Artinya berani, cinta, energi, dan ulet. Dalam hal ini, mencerminkan spirit Telkom untuk selalu optimis dan berani dalam menghadapi tantangan dan perusahaan.

·         Putih

Artinya suci, damai, cahaya, dan bersatu. Dalam hal ini, memcerminkan spirit Telkom untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa.

·         Hitam

Warna dasar yang melambangkan kemauan keras.

·         Abu

Warna transisi yang melambangkan teknologi.

b.      Expertise : Lingkaran sebagai simbol dari kelengkapan produk dan layanan dalam portofolio bisnis baru TELKOM yaitu TIME (Telecommunication, Information, Media, and Edutainment).

c.       Empowering : Tangan yang meraih ke luar. Simbol ini mencerminkan pertumbuhan dan ekspansi ke luar.

d.      Assured : Jemari tangan. Simbol ini memaknai sebuah kecermatan, perhatian, serta kepercayaan dan hubungan yang erat.

e.       Progressive : Kombinasi tangan dan lingkaran. Simbol dari matahari terbit yang maknanya adalah perubahan dan awal yang baru.

f.       Heart : Telapak tangan yang mencerminkan kehidupan untuk menggapai masa depan.

Dengan tetap mengacu kepada filosofi Telkom Corporate, yaitu Always The Best sebuah keyakinan dasar untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang dilakukan dan senantiasa memperbaiki hal-hal yang biasa menjadi sebuah kondisi yang lebih baik, dan pada akhirnya akan membawanya menjadi yang terbaik.

Selain itu, di dalam logo tersebut terdapat tag line berbunyi “the world in your hand” yang artinya dunia berada dalam genggamanmu.

1.2.5 Bidang Usaha Perusahaan

Telkom Indonesia meluncurkan “New Telkom” pada tanggal 23 Oktober 2009 yang ditandai dengan penggantian identitas perusahaan dari perusahaan infocomm_ menjadi perusahaan penyelenggara TIME.

Dengan berfokuskan kuat pada layanan TIME, Telkom Indonesia berkomitmen untuk memastikan seluruh pelanggan Telkom Indonesia dapat menikmati gaya hidup masa depan mulai hari ini. Bisni TIME sendiri memiliki arti yaitu :

a.       Telecommunication

Merupakan bisnis Telkom Indonesia yang merupakan wajah dari perusahaan ini selama ini. Cakupan layanan telekomunikasi yang ditawarkan oleh Telkom Indonesia antara lain berupa telepon kabel tidak bergerak, telepon nirkabel bergerak, layanan komunikasi data, Plain Ordinary Telephone Service (POTS), broadband, satelit, penyewaan jaringan dan interkoneksi, serta telepon seluler yang dikelola anak perusahaan Telkomsel yang menargetkan segmen pasar yang sangat luas.

b.      Information

Adalah salah satu New Economy Business (NEB) yang dikembangkan Telkom Indonesia yang merupakan layanan terintegrasi meluputi value added services (VAS) dan managed application / IT outsourcing (ITO), e-payment, dan IT enabler Services (ITeS) untuk memberikan kemudahan dalam proses kerja dan transaksi.

c.       Media

Merupakan layanan NEB yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia meliputi Free To Air (FTA) dan PayTV yang menawarkan gaya hidup modern bagi keluarga Indonesia.

d.      Edutainment

Merupakan salah satu layanan NEB yang dikembangkan oleh Telkom Indonesia untuk memperluas segmen pasar terutama anak muda dengan cakupan layanan berupa Ring Back Tone (RBT), SMS Content, portal, dan lain-lain.

1.2.6 Visi dan Misi Perusahaan

Visi dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk yaitu “Be the King of Digital in the Region”. Sedangkan misi dari perusahaan ini yaitu “Lead Indonesian Digital Innovation and Globalization”.

Visi dan misi PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk ditetapkan berdasarkan keputusan Komisaris PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk No.09/KEP/DK/2012 pada tanggal 30 Mei 2012.

Corporate Culture    : the telkom way

Basic Belief               : always the best

Core Values              : solid, speed, smart

Key Behaviors           : imagine, focus, action

 

1.3   Struktur Organisasi Perusahaan dan Unit

Berikut merupakan struktur organisasi yang terdapat pada Witel Jember :

A screenshot of a cell phone

Description automatically generated

 

Gambar 2. Struktur Organinasi PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Jember

Berdasarkan struktur organisasi di atas, terdapat tugas-tugas yang berbeda tiap manajemennya, yaitu :

a)      Manajer umum (general manajer) bertanggung jawab tentang operasional di kantor wilayah baik pengembangan SDM maupun pengembangan produk yang menjadi tanggung jawab.

b)      Manajer BGES(Business, Goverment, and Enterprise Service) bertugas memimpin pengelolaan fungsi Business, Goverment, and Enterprise Service untuk mendukung pencapaian performansi.

c)      Manajer akses (manager access area) bertugas untuk menjaga kualitas layanan jaringan lokal dibantu oleh divisi Bussiness Service yang bertanggung jawab atas kenyamanan pelanggan.

d)     Manajer CS (manager customer service) bertanggung jawab atas kenyamanan pelanggan Telkom Personal.

e)      Manajer HR dan CDC (manager human resources and community development center) bertugas mengelola Direktorat Human Capital and General Affairs dan mengelola sumber daya manusia seluruh unit usaha melalui Human Resorces Center dan memastikan pengendalian di unit usaha Corporate Services lainnya.

f)       Manajer jaringan (manager network area) bertugas untuk memelihara dan menjaga kualitas layanan jaringan antar wilayah.

g)      Manajer CCAN (Corporate Customer Access Network) & WAN (Wide Area Network) bertugas menjaga kualitas layanan wirelessbroadband.

1.4  Rumusan Masalah

Berikut merupakan rumusan masalah yang ditemukan pada saat geladi berlangsung :

1.      Apa perbedaan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan Divisi Consumer Service (DCS)?

2.      Apa saja produk yang ditawarkan oleh divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Telkom?

3.      Apa itu fiber optic?

1.5  Batasan Masalah

1.      Perbedaan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan Divisi Consumer Service (DCS)

2.      Produk yang ditawarkan oleh BGES(Business, Goverment, and Enterprise Service) Telkom

3.      Penjelasan dari fiber optic

1.6   Tujuan Pelaksanaan Geladi

Adapun tujuan penulis dengan melakukan kegiatan geladi di Witel Jatim Timur yaitu :

1.      Mengetahui dan mengikuti budaya kerja dari Telkom Jember khususnya di divisi BGES.

2.      Memperoleh pengalaman tentang dunia kerja yang sebenarnya tepatnya di Witel Jember.

3.      Memberikan pengalaman praktik kerja dan penyelesaian masalah yang timbul di lapangan sekaligus mengukur implementasi keilmuan dan ketrampilan di divisi BGES Witel Jatim Timur Jember.

4.      Membentuk kerja tim yang solid.

 

 

 

 

 

 


 

BAB II

TINJAUAN TEORI

2.1 Perbedaan divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan DCS (Divisi Consumer Service)

2.1.1 BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)

BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) merupakan suatu unit di PT. Telkom Indonesia Witel Jember yang memiliki tugas untuk melayani bisnis, pemerintahan, dan layanan perusahaan. BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dipimpin oleh manajer yang dibawahi langsung oleh manajer umum (general manager). Manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) memiliki tugas untuk memimpin pengolahan fungsi Business, Goverment, and Enterprise Service untuk mendukung pencapaian performansi.

A screenshot of a social media post

Description automatically generated

Gambar 3. Struktur Unit BGES Witel Jember

Tanggung jawab yang dimiliki unit Business, Goverment, and Enterprise Service yaitu :

a)    Mencapai kinerja unit secara ekspansif dengan menggunakan program kerja unit kepada tim, merumuskan Sasaran Kinerja Individu (SKI) tim, mengalokasikan sumber daya unit secara tepat, mengimplementasikan program kerja yang telah tersusun, memonitor dan mengulas pencapaian kerja anggota tim secara periodik

b)   Menjamin pelaksanaan internal control dan resiko pengawasan secara konsisten dengan menjalankan pengawasan melekat secara konsisten atas semua proses kerja, memetakkan resiko pada proses kerja, merencanakan dan membuat pelaporan resiko secara periodik

c)    Asman (asisten manajer) Sales Engineer, bidding, & PM memimpin pengelolaan fungsi Business, Goverment, and Enterprise Service Sales Engineer, bidding, & PM untuk mendukung pencapaian performansi

d)   Asman (asisten manajer) Teritory Sales bertanggung jawab dalam pengelolaan fungsi Business, Goverment, and Enterprise Service Teritory Sales Untuk mendukung pencapaian performansi.        

2.1.2 DCS (Divisi Consumer Service)

            DCS (Divisi Consumer Service) adalah divisi yang bertugas untuk mengelola pelanggan. Disini, pelanggan dibagi menjadi dua yaitu personal dan korporat. Selain itu DCS juga memiliki tugas yaitu menawarkan program jaminan tingkat layanan minimum yang dijanjikan kepada pelanggan terhadap kualitas produk dan penanganan. Jadi, disini DCS merupakan ujung tombak terpenting perusahaan dalam membangun kepuasan pelanggan.

Consumer Servise sendiri bisa diartikan sebagai jembatan antara perusahaan dengan pelanggan. Consumer Service adalah layanan yang diberikan sebagai pendukung (support) dari sebuah produk. Consumer Service antara lain meliputi lingkup pekerjaan: menjawab pertanyaan, menangani pesanan, menangani tagihan dengan pelanggan, dan mengatur jadwal seperti jadwal kedatangan Sales Rep atau teknisi. Dalam hal ini, pengetahuan akan produk saja tidak cukup, tetapi mereka perlu memiliki keterampilan (skills ) dan sikap (attitude) yang positif pula.

2.2 Produk Divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)

Berikut merupakan produk yang ditawarkan oleh divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) :

2.2.1 Astinet

Astinet merupakan layanan high end broadband internet acces dari Telkom ke arah global internet dan atau domestik dengan jaminan rasio bandwidth 1:1 sampai dengan titik referensi, menggunakan internet resource milik Telkom, digelar diatas beragam platform teknologi akses.

                  Berikut keuntungan yang diberikan oleh Astinet :

a)      Kecepatan tinggi koneksi ke global internet dengan kapasitas gateway internet terbesar di Indonesia

b)      Quality of Service (QoS) 1:1 hingga titik referensi

c)      Jangkauan Nasional

d)     Mendapatkan IP Statis

Berikut aplikasi yang dapat didukung oleh Astinet :

a)      Aplikasi internet

b)      Web Surfing

c)      E-mail

d)     Instant messaging

e)      FTP (File Transfer Protocol)

2.2.2 Astinet Lite

Astinet Lite merupakan solusi hemat kebutuhan internet dan memberikan jaminan rasio 1:4 yang bersifat up-to pada rasio bandwidth upstream dan downstream untuk koneksi ke arah global.

Keuntungan yang diberikan oleh Astinet Lite tidak jauh beda dengan keuntungan yang diberikan oleh Astinet. Perbedaannya hanya terletak pada rasio bandwidth upstream dan downstream yaitu 1:4.

2.2.3 Astinet Beda Bandwidth

        Astinet Beda Bandwidth merupakan pengembangan dari Astinet dan memberikan bandwidth khusus untuk jalur global maupun domestik dengan perbandingan downstream dan upstream maksimal 1:10 untuk reservasi bandwidth global dan domestik.

        Tidak seperti Astinet Lite yang masih memiliki IP statik, Astinet Beda Bandwidth tidak memberikan IP statis kepada pelanggan. Demikian juga dengan rasio 1:10 yang relatif tidak cocok untuk digunakan oleh pelanggan yang sangat membutuhkan kecepatan upload yang sangat tinggi.

2.2.4 Metro Ehernet

        Metro Ethernet merupakan layanan komunikasi data berkecepatan tinggi berbasis IP/Ethernet dengan jaminan keamanan data, reliability, dan sistem monitoring dan asuransi 24 jam.

        Terdapat beberapa layanan yang disediakan di Metro Ethernet, yaitu :

a)      MetroLink, merupakan layanan connectivity berbasis Telkom Metro yang meliputi layanan point to point, point to multipoint, dan multipoint to multipoint.

b)      Intra Metro, merupakan layanan MetroLink yang dicatu oleh node-node Metro Ethernet yang terhubung dalam satu ring sesuai dengan konfigurasi penggelaran Infrastruktur Metro Ethernet Telkom.

c)      Inter Metro, merupakan layanan MetroLink antara Intra Metro dengan konfigurasi point to point.

d)     MetroIDC, merupakan layanan Bundling antara layanan connectivity (Metro Link) dengan layanan lokasi (Plasatron).

2.2.5 VPN IP

VPN IP adalah layanan untuk menghubungkan jaringan melalui jaringan MPLS (Multi-Protocol Label Switching) dengan cakupan area hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun keuntungan yang diberikan oleh VPN IP yaitu :

a)      Kualitas layanan tinggi untuk aplikasi yang membutuhkan real time

b)      Menyesuaikan dengan topologi dan konfigurasi pelanggan

c)      Beragam pilihan kecepatan sesuai dengan kebutuhan bisnis pelanggan

2.2.6 High Speed Internet

HSI (High Speed Internet) merupakan layanan internet broadband dari Telkom untuk pelanggan perumahan atau personal yang membutuhkan akses standart dengan harga yang kompetitif yang bersifat asimetrik untuk bandwitdh upstream dan downstream.

Adapun keuntungan yang diberikan oleh HSI (High Speed Internet) yaitu :

a)      Layanan internet unlimited dengan harga yang kompetitif

b)      Diberikan 1 alamat IP dinamik publik

c)      Kecepatan tinggi mulai dari 10 Mbps hingga 100 Mbps

2.2.7 SIP Trunk

Layanan SIP Trunk adalah layanan untuk koneksi PBX ( Private Branch Exchange) di sisi pelanggan dengan perangkat sentral telepon Telkom dengan menggunakan media akses SIP (Session Initation Protocol). Tipe PBX ( Private Branch Exchange) yang berada di sisi pelanggan harus tersedia port untuk koneksi melalui IP.

Adapun keuntungan yang diberikan oleh SIP Trunk yaitu :

a)      Tersedia berbagai kapasitas sesuai kebutuhan bisnis pelanggan

b)      Kemudahan untuk penambahan kapasitas

c)      Pembebanan dapat berdasarkan nomor atau trunk grup

2.2.8 Wifi Station

        Wifi Station memberikan layanan internet wifi dedicated untuk kebutuhan bisnis pelanggan dengan kecepatan up to 100 Mbps berbasis 100% fiber. Layanan ini dilengkapi berbagai Value Added Service antara lain :

a)      Akses internet berkecepatan tinggi up to 100 Mbps

b)      Bebas kuota pemakaian

c)      Custom welcome page untuk promosi dan spot iklan

d)     Voucher Management System kontrol otoritas akses

e)      Filling form untuk customer profiling

f)       Dasbor pemantau kondisi perangkat & koneksi

2.2.9 Wifi Revolution One

        WIRO (Wifi Revolution One) adalah layanan internet wifi dengan kecepatan tinggi serta didukung oleh berbagai value added as a service seperti user profiling, advertising, dan monitoring dashboard.

Fitur yang menjadi keunggulan WIRO (Wifi Revolution One) yaitu:

a)      Seamless Connection

UserID pelanggan dapat digunakan di area lokasi tanpa perlu login ulang di setiap area selama masa tinggal pelanggan di area tersebut

b)      Kemudahan kontrol dan operasional oleh pihak pengelola

c)      Kemampuan “Zero Deployment” yang memungkinkan setting dan provisionin bisa dilakukan secara terpusat dan mudah diatur secara efektif

d)     Dapat diintegrasikan dengan sistem yang dimiliki oleh pelanggan bisnis

e)      Mengkustomisasi Wifi dengan beberapa opsi solusi

1.      Halaman awal

2.      Portal yang dapat disesuaikan

3.      Iklan dalam sesi

4.      Data analisa pengguna

2.2.10 MangoeSky

        MangoeSky merupakan layanan broadband internet access yang disediakan untuk masyarakat pengguna internet menggunakan media satelit. MangoeSky merupakan solusi untuk wilayah yang tidak terjangkau oleh kabel, fiber, maupun mobile kecepatan tinggi.

                 Adapun keuntungan yang diberikan oleh MangoeSky yaitu :

a)      Menjangkau daerah rural dengan kecepatan tinggi 2 Mbps

b)      Akses satelit dengan back up auto-switch HUB Cikarang, Bintaro dan Pulo Gadung

c)      Isi ulang kuota yang mudah

2.2.11 Wifi.id Corner 2.0 (WiCO)

Wifi.id Cornet 2.0 (WiCo) adalah inovasi terbaru dari Telkom dimana WiCo memiliki konsep warung internet digital guna untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang akan menyediakan tempat dan menjual voucher Wifi.id seharga Rp. 3500/2jam kepada pengguna internet di lokasi tersebut.

Berikut merupakan keuntungan yang diberikan oleh Wifi.id Corner 2.0 (WiCo) yaitu :

a)      Kecepatan access point dengan kecepatan 100 Mbps

b)      Akses internet yang stabil

c)      Privasi terjaga

d)     Harga voucher yang relatif murah

2.2.12 IP Transit

Layanan IP Transit adalah layanan interkoneksi trafik ke global internet dengan fitur Full Route BGP (Border Gateway Protocol) Internet dan menggunakan blok IP dan AS (Autonomous System) number milik pelanggan dan juga memiliki rasio bandwidth ke gateway adalah 1:1.

                        Adapun keuntungan dari layanan ini yaitu :

a)      Kemudahan dalam pendistribusian layanan internet

b)      Keleluasaan dalam pengolahan IP sendiri

c)      Efisiensi biaya gateway internasional

d)     Memiliki alternatif untuk memilih upstream provider untuk meningkatkan performansi network ISP

e)      Koneksi langsung ke global internet dengan kualitas premium

f)       Jaminan layanan ke global internet

2.3 Fiber Optic

2.3.1 Pengertian Fiber Optic

Menurut Rambe (2006), serat optik merupakan salah satu alternatif media transmisi komunikasi yang cukup handal, karena memiliki keunggulan dibanding media lainnya. Sistem komunikasi serat optik memanfaatkan cahaya sebagai gelombang informasi yang akan dikirimkan. Pada bagian pengirim terdapat sebuah sumber optik yang berfungsi mengubah sinyal elektrik menjadi sinyal optik yaitu berupa berkas cahaya. Kemudian diteruskan ke kanal informasi yang terbuat dari serat optik. Kanal ini berfungsi sebagai pemandu gelombang yang mentransmisikan berkas cahaya hingga ke penerima. Dan pada bagian penerima, berkas cahaya diterima oleh detektor optik yang berfungsi mengubah sinyal optik menjadi sinyal elektrik kembali.     

2.3.2 Sejarah Fiber Optic

Penerobosan besar yang membawa pada teknologi komunikasi serat optik dengan kapasitas tinggi adalah penemuan Laser pada tahun 1960, namun pada tahun tersebut kunci utama di dalam sistem serat praktis belum ditemukan yaitu serat yang efisien. Baru pada tahun 1970 serat dengan loss yang rendah dikembangkan dan komunikasi serat optik menjadi praktis. Serat optik telah berkembang selama enam generasi mulai dari generasi pertama (1970) hingga generasi ke-enam (1988).

2.3.3 Macam dan Jenis Fiber Optic

                 Terdapat dua jenis fiber optic yaitu :

1.         Pipa Longgar (Loose Tube)

Serat optik ditempatkan di dalam pipa longgar (loose tube) yang terbuat dari bahan PBTP  (Polybutylene Terepthalete) dan berisi jelly. Saat ini sebuah kabel optik maksimum mempunyai kapasitas 8 loose tube, dimana setiap loose tube berisi 12 serat optik.

Fungsi dan bagian-bagian kabel optik jenis loose tube :

2.      Alur (Slot)

Serat optik ditempatkan pada alur(slot) di dalam silinder yang terbuat dari bahan PE (Polyethyiene). Pada saat di Jepang telah dibuat kabel jenis slot dengan kapasitas 1.000 serat dan 3.000 serat.

2.3.4 Karakteristik Fiber Optic

Karakteristik dari Fiber Optic yaitu :

1.      Beroperasi pada kecepatan tinggi

2.      Mampu membawa paket-paket berkapasitas besar

3.      Biaya rata-rata pernode cukup mahal

4.      Media dan ukuran konektor kecil

5.      Kebal terhadap interferensi elektromagnetik

6.      Jarak transmisi yang relatif jauh

2.3.5 Prinsip kerja Fiber Optic

   Serat optik mengirimkan data dengan kecepatan cahaya dan merambat melalui serat-serat kaca. Berikut prinsip kerja serat optik berdasarkan rambatan cahaya :

1.         Multimode Step Index

·           Indeks bias core konstan.

·           Ukuran core antara 50 – 125 mm dan dilapisi cladding yang tipis.

·           Penyambungan kabel lebih mudah karena memiliki core yang besar.

·           Banyak terjadi dispersi.

·           Lebar pita frekuensi terbatas/sempit.

·           Hanya digunakan untuk jarak pendek dan transmisi data bit rate rendah.

·           Harga relatif murah.

2.     Multimode Graded Index

·         Core terdiri dari sejumlah lapisan gelas yang memiliki indeks bias yang berbeda, indeks bias tertinggi terdapat pada pusat core dan berangsur-angsur turun sampai ke batas core cladding.

·         Ukuran diameter core antara 30 – 60 mm.

·         Cahaya merambat karena difraksi yang terjadi pada core sehingga rambatan cahaya sejajar dengan sumbu serat.

·         Dispersi lebih kecil dibanding dengan Multimode Step Index.

·         Digunakan untuk jarak menengah dan lebar pita frekuensi besar.

·         Harga relatif mahal karena faktor pembuatannya lebih sulit.

3. Singlemode Step Index

·         Serat optik singlemode memiliki diameter core antara 2 – 10 mm dan sangat kecil dibandingkan dengan ukuran claddingnya.

·         Cahaya hanya merambat dalam satu mode saja yaitu sejajar dengan sumbu serat optik.

·         Memiliki redaman yang sangat kecil.

·         Memiliki lebar pita frekuensi yang sangat lebar.

·         Digunakan untuk jarak jauh dan mampu menyalurkan data dengan kecepatan bit rate yang tinggi

2.3.6 Kelebihan Fiber Optic

Berikut merupakan kelebihan dari fiber optic :

a.       Bandwidth yang Lebih Besar

            Lebih banyak bandwidth berarti serat atau fiber dapat membawa lebih banyak informasi yang lebih besar daripada kawat tembaga. Kecepatan fiber optik tergantung pada jenis kabel yang digunakan. Single-mode fiber menawarkan bandwidth terbesar dan tanpa persyaratan bandwidth.

b.      Kecepatan dan Jarak

Karena sinyal kabel fiber optic terbuat dari cahaya, sangat sedikit kehilangan sinyal terjadi selama transmisi, dan data dapat bergerak pada kecepatan yang lebih tinggi dan jarak yang lebih jauh. Serat tidak memiliki batasan jarak 100 meter (328-ft.) Dari tembaga twisted pair unshielded (tanpa booster). Jarak serat tergantung pada gaya kabel, panjang gelombang dan jaringan. Jarak dapat berkisar dari 550 meter (984,2 kaki) untuk multimode 10-Gbps dan hingga 40 kilometer (24,8 mi.) Untuk kabel mode tunggal.

c.       Keamanan

Data akan aman dengan kabel  fiber optic, karena sangat sulit untuk disadap. Jika kabel disadap, sangat mudah untuk memantau karena kabel bocor, menyebabkan seluruh sistem gagal berfungsi.

d.      Kekebalan dan Keandalan

Serat menyediakan transmisi data yang sangat andal. Benar-benar kebal terhadap banyak faktor lingkungan yang memengaruhi kabel tembaga. Inti terbuat dari kaca, yang merupakan isolator, sehingga tidak ada arus listrik yang bisa mengalir. Ini kebal terhadap gangguan elektrometrik dan interferensi frekuensi radio (EMI / RFI), crosstalk, masalah impedansi, dan banyak lagi. Serat juga kurang rentan terhadap fluktuasi suhu daripada tembaga dan dapat terendam dalam air.

e.       Desain

Serat ini ringan, tipis, dan lebih tahan lama dibandingkan kabel tembaga. Untuk mendapatkan kecepatan yang lebih tinggi menggunakan kabel tembaga, perlu menggunakan kabel dengan tingkat yang lebih tinggi, yang biasanya memiliki diameter luar yang lebih besar, lebih berat, dan mengambil lebih banyak ruang di kabel. Dengan kabel serat, sangat sedikit berbeda dalam diameter atau berat. Kabel fiber optic memiliki spesifikasi yang menarik hingga 10 kali lebih besar dari kabel tembaga, tergantung pada spesifikasi kabel. Ukurannya yang kecil membuatnya lebih mudah untuk ditangani, dan itu memakan lebih sedikit ruang di saluran kabel. Selain itu, fiber optic lebih mudah untuk diuji daripada kabel tembaga.

f.       Terminasi Lapangan

Meskipun fiber optic masih lebih sulit untuk di terminasi daripada tembaga, kemajuan dalam alat fiber telah membuat terminasi dan menggunakan serat di lapangan lebih mudah. Splicers fusi cepat memungkinkan dengan auto-alignment mengaktifkan splicing cepat di lapangan. Auto-aligning memastikan akurasi. Dan penggunaan pig-tails dan pre-terminated cable membuat koneksi lapangan menjadi cepat dan mudah.

g.      Biaya

Biaya untuk kabel fiber optic, komponen, dan perangkat keras terus menurun. Secara keseluruhan, kabel fiber optic lebih mahal daripada kabel tembaga dalam jangka pendek, tetapi mungkin lebih murah dalam jangka panjang. Serat biasanya lebih murah untuk perawatan, memiliki downtime yang lebih sedikit, dan membutuhkan lebih sedikit perangkat keras jaringan. Selain itu, kemajuan teknologi terminasi lapangan telah mengurangi biaya pemasangan kabel fiber optik ini juga.

2.3.7 Kelemahan Fiber Optic

Kelemahan fiber optic antara lain :

a.       Mudah patah sehingga dalam pemakaiannya diperlukan lapisan penguat sebagai proteksi

b.      Karakteristik transmisi dapat berubah bila terjadi tekanan dari luar yang berlebihan.

c.       Sulit disambung, tidak dapat dialiri listrik sehingga tidak dapat memberikan catuan pada pemasangan repeat.

 

 

 

 

 

 

 


BAB III

PELAKSANAAN GELADI

3.1  Rencana Kegiatan

Kegiatan Geladi dilaksanakan di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember yang beralamat di Jl. Gajah Mada No.182, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68131 selama 6 minggu yaitu 17 Juni – 26 Juli 2019. Penulis diposisikan di divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service).

3.2  Pelaksanaan

Pelaksanaan geladi dilaksanakan selama jam kerja yaitu:

a.         Senin – Kamis           : 07.30 – 16.30 WIB

Istirahat                       : 11.30 – 13.00 WIB

b.         Jumat                                    : 08.00 – 17.00 WIB

Istirahat                       : 11.30 – 13.00 WIB

c.         Sabtu – Minggu        : Libur

Berikut merupakan uraian kegiatan pelaksanaan geladi penulis selama di Witel Jatim Timur Jember :

Tabel 1. Uraian Kegiatan Pelaksanaan Geladi

 

 

Tanggal

Uraian Kegiatan

Keterangan

17 Juni 2019

Hari pertama geladi.

Bertemu Bapak Suyanto selaku OFF 1 HRD Witel Jember

18 Juni 2019

Belajar mandiri di rumah.

 

Arahan Bapak Suyanto sembari menunggu general manager Witel Jember kembali dari Banyuwangi.

19 Juni 2019

20 Juni 2019

21 Juni 2019

Pembukaan geladi bersama dengan Bapak Amin Jauhari selaku general manager yang ditemani oleh Bapak Suyanto.

Penempatan penulis di unit BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service).

 

24 Juni 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu  Mazfiar Amri Arriza.

Melakukan kunjungan ke 3 tempat untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh pelanggan, antara lain :

1.      Memperbaiki masalah tidak bisa login pada perangkat baru pada wifi.id corner yang terpasang di kedai kopi di kecamatan Sumbersari, Jember

2.      Mengganti jenis layanan indihome milik pelanggan yang memiliki kos putri di daerah Jember kota

3.      Menawarkan Wifi.id Corner 2.0 (WiCO) ke rumah pelanggan yang memiliki usaha di daerah Curah Malang, Jember.

25 Juni 2019

Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti.

Memfilter data pelanggan Witel Jember ke data pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service). Pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu pelanggan yang tercatat dalam daftar DCS dan berupa bisnis, pemerintahan, dan perusahaan. Dari 283.200 pelanggan Witel Jember, didapat 2772 pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service).

26 Juni 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Tempat yang dikunjungi yaitu sebuah perusahaan pembudidayaan bibit jagung yang bernama PT. AHSTI yang beralamat di Rowo Indah, Jember. Pelanggan memiliki keluhan tentang kecepatan wifi yang terdapat di PT.AHSTI, lalu AM (Account Manager) menawarkan solusi yaitu penawaran upgrade wifi indihome corporate.

27 Juni 2019

Belajar bersama tim Optima dari Telkom access.

Bertemu dengan Bapak Fitra dari tim Optima untuk belajar mengenai fiber optic. Hal – hal yang dipelajari antara lain :

1.      FTTH (Fiber To The Home)

2.      FTTB (Fiber To The Building)

3.      FTTZ (Fiber To The Zone)

4.      FTTC (Fiber To The Curb)

5.      FTTT (Fiber To The Tower)

6.      Struktur fiber optic

7.      Perangkat aktif

8.      Perangkat pasif

28 Juni 2019

Melakukan presentasi dihadapan salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Novieka.

Melakukan presentasi secara tim bersama dengan rekan geladi tentang:

1.      Perbedaan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) dengan DCS (Divisi Consumer Service)

2.      Product Knowledge dari BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service)

3.      Kegiatan yang dilakukan selama Senin, 24 Juni 2019 hingga Selasa, 27 Juni 2019.

01 Juli 2019

Belajar mandiri di kantor BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember.

Belajar mandiri dari pertanyaan yang diajukan oleh Ibu Novieka.

02 Juli 2019

03 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Tempat yang dikunjungi yaitu perusahaan pembudidayaan benih yaitu PT. Benih Citra Asia. Penawaran yang diberikan yaitu upgrade Astinet yang terdapat di PT. Benih Citra Asia.

04 Juli 2019

Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Novieka.

Tugas yang diberikan yaitu membuat daftar ISP (Internet Service Provider) yang terdapat di wilayah Jember, Bondowoso, Banyuwangi, dan Situbondo selain Telkom dan Biznet. Daftar tersebut diketik pada halaman kerja Excel dan wajib terdapat antara lain :

1.      Nama ISP (Internet Service Provider)

2.      Alamat HO (Head Office) dan BO (Branch Office)

3.      Nomor telepon

4.      E-mail

5.      website

05 Juli 2019

08 Juli 2019

Tidak hadir ke kantor dikarenakan sakit.

Izin diterima oleh Ibu Sari.

09 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza dan Ibu Novieka.

Tempat yang dikunjungi yaitu salah satu kantor cabang penyedia logam galium di kota Jember. Penawaran yang diberikan yaitu layanan Indihome Corporate dan Astinet.

10 Juli 2019

Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti.

Menggali informasi dari perusahaan farmasi PT. Parit Padang Global yang terletak di Kecamatan Sumbersari, Jember.

11 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Tempat yang dikunjungi yaitu SMAN 01 Mumbulsari yang beralamat di Karang Sirih, Suco, Mumbulsari, Jember. Masa kontrak pelanggan telah habis dan pelanggan ingin memperpanjang kontrak tersebut dengan penawaran berupa layanan Indihome Corporate dan Astinet.

12 Juli 2019

Mendapat tugas dari manajer BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Ibu Sari Wiwid Wimurti.

Menggali informasi dari perusahaan logistik PT. Infiniti International Logistic dan PT. Parama Global Inspira.

15 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Tempat yang dikunjungi yaitu SMA Negeri 01 Rambipuji yang beralamat di Kandang Kidul, Pecoro, Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pelanggan diberikan penyuluhan tentang kebutuhan internet yang diperlukan oleh sekolah untuk melakukan ujian berbasis komputer.

16 Juli 2019

Tidak hadir ke kantor dikarenakan sakit.

Izin diterima oleh Ibu Sari.

17 Juli 2019

18 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Mengunjungi beberapa tempat khususnya sekolah yang terdapat di wilayah Bangsalsari, Jember dan melakukan  penyuluhan untuk memindahkan jaringan sekolah dari indihome rumahan ke indihome bussiness service.

19 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Mengunjungi beberapa tempat di kota Bondowoso yaitu SMKN 1 Bondowoso dan SMKN 3 Bondowoso terkait penyuluhan untuk memindahkan jaringan sekolah dari indihome rumahan ke indihome bussiness service.

22 Juli 2019

Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Novieka

Melanjutkan pembuatan draft kontrak berlangganan antara PT. Pelindo Properti Indonesia dengan PT. Telekomunikasi Indonesia, TBK.

23 Juli 2019

24 Juli 2019

Melakukan kunjungan bersama salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember yaitu Bapak Mazfiar Amri Arriza.

Melakukan kunjungan ke 2 tempat, antara lain :

1.      PT. Mayang Sari yang terletak di Jl. Argopuro No.41, Tegal Gusi, Mayang, Kabupaten Jember, Jawa Timur dan menwarkan layanan Astinet dan Astinet Lite kepada pelanggan.

2.      SMK Al-Ishlah Mayang untuk mendata dan  memberikan penawaran layanan internet  kepada sekolah.

25 Juli 2019

Mendapat tugas dari salah satu AM (Account Manager) BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yaitu Ibu Vita

Melanjutkan pelengkapan draft kontrak berlangganan antara PT. Pelindo Properti Indonesia dengan PT. Telekomunikasi Indonesia tbk.

26 Juli 2019

 

 

Dalam pelaksanaannya peserta geladi tentu tidak lantas dibiarkan jalan sendiri. Peserta geladi bekerja bersama-sama dengan karyawan divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jatim Timur Jember dengan diberi bekal pengetahuan terlebih dahulu.­

3.3  Hasil

Hasil yang diperoleh selama melaksanakan kegiatan geladi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Jatim Timur Jember, antara lain :

a.         Penulis dapat mengetahui secara sedikit demi sedikit gambaran nyata mengenai serba serbi dunia kerja khususnya di unit BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember.

b.         Penulis mampu melakukan pemfilteran data pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) yang terletak di kawasan Witel Jember menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

c.         Penulis mampu mengetahui produk-produk yang ditawarkan oleh BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember.

d.        Penulis mendapat banyak wawasan tentang serat optik setelah bertemu dengan Bapak Fitra dari tim Optima Witel Jember.

e.         Penulis dapat menambah ilmu dengan tugas yang diberikan baik oleh manajer maupun AM (Account Manager).

f.          Penulis mampu mengetahui kebutuhan-kebutuhan dasar pelanggan BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jember.

g.         Penulis kerap kali diberi pertanyaan oleh AM (Account Manager) tentang dunia telekomunikasi sehingga mampu menambah wawasan penulis sembari menjawab pertanyaan tersebut.

 

 

 

 


 

BAB IV

PENUTUPAN

4.1 Kesimpulan

Geladi merupakan suatu program kegiatan berupa praktek lapangan yang diselenggarakan oleh kampus dan wajib dilakukan oleh mahasiswa Universitas Telkom. Tujuan dari geladi adalah agar mahasiswa mengetahui dan memahami situasi di lingkungan kerja yang sebenarnya. Dengan adanya geladi, mahasiswa mampu dan terampil menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama pembelajaran di kampus sehingga mendapatkan bekal mempersiapkan diri ketika turun dalam dunia kerja nantinya.

Setelah penulis melakukan kegiatan geladi yang dilaksanakan di Witel Jatim Timur Jember, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :

1.      Geladi dilaksanakan di divisi BGES (Business, Goverment, and Enterprise Service) Witel Jatim Timur Jember yang terletak di Jalan Gajah Mada No. 182-185, Kaliwates, Jember, Jawa Timur.

2.      Kegiatan yang rutin dilakukan oleh penulis yaitu melakukan kunjungan bersama dengan AM (Account Manager) ke tempat pelanggan untuk menawarkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi oleh pelanggan.

3.      Penawaran solusi yang umumnya diajukan kepada pelanggan yaitu penawaran layanan Astinet, Indihome Corporate, upgrade layanan, serta penawaran alat-alat yang dibutuhkan oleh perusahaan.

4.      Permintaan yang umumnya diminta oleh pelanggan yaitu tentang masalah pengajuan penambahan bandwidth, pengajuan perpanjangan kontrak, serta pengajuan pemberhentian kontrak.

5.      Pelanggan yang ingin memasang layanan Telkom namun tidak ada jaringan yang masuk ke tempat pelanggan diberikan tawaran layanan Astinet.

6.      Pelanggan berupa instansi sekolah yang masih menggunakan layanan Indihome rumahan harus dialihkan ke pengguna Indihome bussiness service untuk pemberian pelayanan yang lebih istimewa melalui penyuluhan oleh AM (Account Manager).

4.2 Saran

      Selama pelaksanaan kegiatan geladi yang berlangsung selama enam minggu di Witel Jatim Timur Jember, penulis memiliki beberapa saran yang kedepannya diharapkan dapat berguna bagi mahasiswa dan perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

1.        Bagi instansi perusahaan

Diharapkan perusahaan menyediakan agenda serta target harian bagi mahasiswa saat geladi, sehingga dengan adanya hal tersebut perusahaan serta peserta geladi dapat memanfaatkan waktu secara efisien. Agenda serta target harian dapat berupa hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan diselesaikan  oleh peserta geladi selama kegiatan geladi berlangsung.

2.        Bagi mahasiswa

Dalam pelaksanaan geladi, mahasiswa diharapkan dapat membangun komunikasi yang baik serta cepat beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan geladi. Dengan membangun komunikasi yang baik, mahasiswa dapat memperlancar serta mempermudah jalannya kegiatan geladi terlebih saat diberikan tugas oleh manajer dan manajer akun. Mahasiswa juga seharusnya tidak canggung untuk bertanya apabila ada hal yang ingin ditanyakan karena hal ini merupakan penunjang untuk kelancaran jalannya kegiatan geladi.

Sebelum melaksanakan kegiatan geladi, mahasiswa sepatutnya telah mengetahui dan memahami tentang peraturan yang ditetapkan oleh kantor sehingga mematuhi dan menjalankan peraturan yang telah ditetapkan oleh kantor dapat memperlancar kegiatan geladi.

 

 

               

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Kresteno, Sharon Gabriella. 2017. Pelaksanaan Kearsipan Bidang Business, Government, And Enterprise Service di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Wilayah Jember. Jember : Universitas Jember

Rachmawati, Vibrianie Padmaswari. 2012. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Tetap Non Manajerial Divisi Costumer Service PT. Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Tbk JAKARTA. Jakarta : Universitas Indonesia

Telkom._________.Profil dan Riwayat Singkat. PT. Telkom Indonesia [Online]:https://www.telkom.co.id/servlet/Satellite?c=Page&childpagename=AboutTelkomIndonesia%2FPage%2FTKAStockLanding&cid=1420610900240&d=Touch&pagename=AboutWrapper diakses pada tanggal 26 Juni 2019

Trianawati, Neny. 2016. Prosedur Akuntansi Kegiatan Open Table Untuk Kebutuhan Produk Indihome Pada PT. Telkom Witel Jatim Timur Jember. Jember : Universitas Jember

Rambe, Ali Hanafiah. 2006. Teknologi Serat Optik. Jurnal Sistem Teknik Industri. 7(1) : 87-91.

Anonymous. 2015. Modul 13 – Pengenalan Teknik Telekomunikasi, Penerapan Sistem Serat Optik. Bandung : Fakultas Teknik Elektro Universitas Telkom.

HYPERNET. 2018. Keuntungan Memilih Kabel Fiber Optik Dibanding Dengan Kabel Tembaga. [Online] : https://hypernet.co.id/2018/09/02/8-keuntungan-memilih-kabel-fiber-optik-dibanding-dengan-kabel-tembaga/ diakdes pada tanggal 15 Juli 2019

 

 

 

 


 

LAMPIRAN

 

 

19f91f7e-c7c6-42f6-9406-a3d91f4babaa.jpg

 

Kunjungan ke PT. AHSTI terkait upgrade Indihome Corporate

 
 

 

 


Presentasi hasil geladi minggu pertama PT. Telekomunikasi Indonesia Witel JatimTimur Jember

 
1d929ec9-22a6-4286-b269-5cd9778c5b6f.jpg

 

Kunjungan ke PT. Benih Citra Asia terkait upgrade layanan Astinet

 
e5ff5ec5-bbe9-47e9-a97d-1880788bbae6.jpg

 

a5630691-f760-4867-ba43-df92dddd59a7.jpg

Kunjungan ke SMAN 01Mumbulsari terkait penawaran layanan Astinet

 

 

Kunjungan ke SMPN 03 Bangsalsari terkait layanan Indihome Corporate

 
5ea87937-47f0-49ca-b000-2fa85251e48f.jpg

 

 

Kunjungan di SMK Plus Darussalam terkait layanan Indihome Corporate

 
3a4b1f2a-8703-499e-a20c-f6f0fc7cb719.jpg

 

Kunjungan ke SMP Ishaqi terkait layanan Indihome Corporate

 

 
8a5142c8-a51b-4896-a84c-bcc555e48bb2.jpg

 

Kunjungan ke SMK Nurina terkait layanan Indihome Corporate

 

 
e8b74e5d-092f-4c8e-b751-662c5d5fd7f0.jpg

 

 

Kunjungan ke SMPN 01 Bangsalsari terkait layanan Indihome Corporate

 

 
f7538137-4bf4-4b57-b1d8-c2ef80066c30.jpg

 

 

Sosialisasi di MA Baniey Kholiel terkait layanan Indihome Corporate

 

 
f53bd8cf-cc43-46cb-97b1-897b2d6f3fa1.jpg

 

 

2f223783-c885-4014-8ecb-596503e1bf57 (1).jpg

 

Kunjungan ke Yayasan MHI (Mamba’ul Khoiriyati Islamiyah) terkait layanan Indihome Corporate

 

 
 

 

 

 


 

Gedung Yayasan MHI

 
b8e2c4db-53d0-4fbe-8c4d-9ad2945c8f9e.jpg

 

c15c1ffe-11f9-430b-ae49-9ed4a9337c2e.jpg

Sosialisasi di

SMKN 03 Bondowoso

 
 

 

 


94d86eac-a9a1-435a-8459-4d4a6fc8ec89.jpg

Sosialisasi di

SMKN 01 Bondowoso

 

 

Kunjungan ke Hotel Grand Padis

 
1db79df9-6db8-48e4-8416-c1b261f7aac9.jpg

 

Sosialisasi di SMAN 01 Rambipuji

 
175734b1-fe85-470f-aa69-e6756fe10fc4.jpg

 

 

Gedung PT. Telekomunikasi Witel Jatim Timur, Jember

 
d0044adf-2a19-4ab6-8314-5729093de5d5.jpg

 

Kunjungan ke rumah pelanggan terkait layanan WiCo 2.0

 
 


f715059d-9871-4768-a093-c85102666de4.jpg

 


No comments:

Post a Comment

KATALOG MENU BALITA

  KATALOG A.       Nasi -Nasi merah -Nasi tim - Nasi tim beras merah - Bubur nasi B.       Ayam -Bola-bola ayam kuah -Siomay...